Kompas TV nasional budaya

Pura Mangkunegaran Surakarta Tiadakan Tradisi Kirab Pusaka 1 Suro karena Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 13:24 WIB
pura-mangkunegaran-surakarta-tiadakan-tradisi-kirab-pusaka-1-suro-karena-pandemi-covid-19
KGPAA Mangkoenagoro IX melepas Kirab Pusaka Dalem pada malam 1 Suro atau malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 (Sumber: puromangkunegaran.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Istana Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah meniadakan upacara tradisi kirab pusaka yang biasa dilaksanakan untuk menyambut malam 1 Sura, pada Senin (9/8/2021).

Menurut keterangan Juru Bicara Pura Mangkunegaran Surakarta Joko Pramudya, peniadaan kegiatan tersebut salah satunya karena pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Solo.

"Seperti pada tahun sebelumnya (Meniadakan upacara tradisi kirab pusaka) karena situasi masih pandemi Covid-19," kata Juru bicara Pura Mangkunegaran Surakarta, Joko Pramudya dikutip dari ANTARA, Jumat (6/8/2021).

Menurut Joko, selain karena pandemi Covid-19, pihaknya juga sedang melakukan renovasi di beberapa titik kawasan Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Gibran Akui Pasang Baliho Puan Karena Intruksi Partai, Saingi Popularitas Ganjar?

Diketahui, renovasi tersebut merupakan bagian dari program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Beberapa bangunan yang direnovasi, antara lain penataan bangunan Prangwedangan, Ndalem Ageng, dan Pringgitan.

Kendati begitu, dalam rangka memperingati malam 1 Suro, pihaknya akan tetap melakukan jamasan pusaka dan wilujengan. Namun, pelaksanaan itu seluruhnya akan dilaksanakan secara internal dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bersamaan dengan pandemi yang belum usai, hingga kini pihaknya masih menutup kunjungan wisata di Pura Mangkunegaran.

Namun, untuk pelayanan perpustakaan masih bisa diakses dengan melakukan reservasi terlebih dahulu dengan jumlah pengunjung dibatasi tidak lebih dari lima orang.

Baca Juga: Tanggal Merah Tahun Baru Islam dan Maulid Nabi Digeser, Catat Tanggalnya

Sementara kunjungan di perpustakaan hanya diperbolehkan dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

"Kami membantu mahasiswa yang mungkin sedang menyelesaikan tugas akhir, karena akan kesulitan mencari referensi atau data. Namun, jika akan datang ke perpustakaan harus reservasi dahulu, supaya bisa diatur jamnya," katanya.

Pengumuman terkait peniadaan tradisi kirab pusaka juga diumumkan pihak Pura Mangkunegaran melalui Instagram resmi @puromangkunegaran sejak Kamis (5/8/2021).

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x