Kompas TV nasional politik

Demokrat Balas Arteria Dahlan: Dia Mengidap Sindrom Lupa yang Akut

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 16:10 WIB
demokrat-balas-arteria-dahlan-dia-mengidap-sindrom-lupa-yang-akut
Herzaky Mahendra Putra, menanggapi niat kader senior yang dipecat Partai Demokrat untuk menempuh jalur hukum. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara Herzaky Mahendra Putra Menanggapi tuduhan Politikus PDIP Arteria Dahlan kepada Demokrat ihwal kritik pengecatan pesawat kepresidenan. 

Ia menyebut, kalau anggota komisi III DPR RI itu dan koleganya di Fraksi PDIP itu mengidap sindrom lupa yang akut. Pertama, publik mesti mengingat, kalau Presiden Joko Widodo, Fraksi PDIP, dan tim sukses Joko Widodo, menolak pembelian pesawat kepresidenan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014. 

"Fraksi PDIP yang diwakili Tjahjo Kumolo, Maruarar Sirait tim sukses Bapak Joko Widodo waktu itu, pesawat kepresidenan belum saatnya dibeli. Menurut mereka, lebih baik buat pendidikan dan kesehatan, atau buat mengelola bencana, bahkan mengusulkan untuk dijual kembali," kata Herzaki kepada Kompas TV, Kamis (5/8/2021). 

Baca Juga: PDIP: Cat Pesawat Kepresidenan Merah Putih itu Simbol Kenegaraan

Menurut dia, Arteria ini mengidap sindrom lupa dengan UU MD3 DPR. Nomenklatur pengecatan pesawat itu merupakan satuan tiga, dan berdasarkan UU MD3 DPR tidak bisa mengecek sampai ke satuan tiga. 

"Selaku anggota Dewan yang terhormat, seharusnya Arteria sangat paham dengan UU MD3 yang layaknya buku panduan dasar anggota Dewan. Belagak bahas-bahas prosedur administrasi hukum, tapi ternyata UU MD3 saja tidak paham, lalu sebar hoaks Demokrat sudah menyetujui anggaran pengecatan pesawat itu," ujarnya. 

Ia mengimbau Arteria untuk baca lebih detail ihwal Undang-Undang No.2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19. 

"Pemerintah itu bisa melakukan realokasi dan refokus anggaran negara untuk dipindahkan ke penanganan pandemi covid-19, termasuk anggaran buat cat pesawat bisa dialihkan ke anggaran untuk penanganan pandemi," katanya. 

Ia menilai, pengecatan pesawat ini momentumnya sangat tidak tepat. Keuangan negara ini masih krisis akibat penanganan covid-19 yang seakan tidak terarah dan tidak ada peta jalan yang terukur. 

"Anggaran untuk penanganan covid-19 masih banyak berutang. Kekurangan oksigen masih terus terjadi, obat langka, vaksin malah kosong dimana-mana, dan masih banyak insentif tenaga kesehatan yang belum dibayarkan," ujar dia. 

Sebelumnya,  Anggota DPR RI Fraksi PDIP Arteria Dahlan meminta agar publik melihat sisi lain dari polemik pengecatan pesawat kepresidenan dari warna biru putih mejadi merah putih. 

Baca Juga: Polemik Pengecatan Pesawat Presiden, Arteria Dahlan: Harusnya yang Dipermasalahkan Zaman Pak SBY

Menurut dia, penggantian warna itu justru menunjukkan identitas diri Indonesia di kancah Internasional karena merah putih merupakan warna bendera Indonesia. 

"Justru kalau mau kita jujur dan hadirkan perdebatan yang harusnya dipermasalahkan itu dulu jamannya Pak SBY, kok pesannya warnanya biru? Padahal memungkinkan untuk memesan warna merah putih. Tapi kami beradab dan berpikiran positif saja," kata Arteria dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x