Kompas TV internasional kompas dunia

Turki Berjuang Padamkan Kobaran Api di Hari Ke-6, Lebih dari 10.000 Orang Dievakuasi

Selasa, 3 Agustus 2021 | 06:01 WIB
turki-berjuang-padamkan-kobaran-api-di-hari-ke-6-lebih-dari-10-000-orang-dievakuasi
Kobaran api yang melalap perbukitan dekat desa Cokertme di Bodrum, Mugla, Turki, tampak menerangi langit pada Minggu petang (1/8/2021). (Sumber: AP Photo/Emre Tazegul)

BODRUM, KOMPAS.TV – Para personel pemadam kebakaran Turki terus berjuang mengendalikan kebakaran hebat yang melanda negara itu, yang pada Senin (2/8/2021) sudah memasuki hari ke-6.

Sejauh ini, kebakaran yang mulai terjadi sejak Rabu pekan lalu (28/7/2021) itu telah memakan 8 korban jiwa. Ribuan warga dan turis berlarian meninggalkan tempat tinggal dan resor liburan mereka menggunakan jalur laut dengan kapal dan sekoci, atau berkonvoi menggunakan mobil dan truk.

Tak terhitung banyaknya warga yang kehilangan rumah dan ternak mereka. Mereka juga mengalami kesulitan bernafas akibat tebalnya asap kebakaran.

Melansir Associated Press pada Selasa (3/8/2021), sekitar 10.000 orang telah dievakuasi di provinsi Mugla.

Menteri Pertanian dan Kehutanan Turki Bekir Pakdemirli menyatakan, para petugas masih berupaya memadamkan 9 titik api di provinsi pesisir Antalya dan Mugla yang merupakan kawasan pariwisata populer.

Sejumlah titik api aktif juga masih melanda provinsi Isparta, Denizli, Izmir dan Adana. Kebakaran di Tunceli di tenggara Turki berhasil dikendalikan pada Senin. Secara keseluruhan, sebanyak 137 titik api yang tersebar di 30 provinsi Turki telah berhasil dikendalikan.

“Kita akan melalui hari-hari sulit dengan suhu di atas 40 derajat Celsius, dengan angin kencang dan kelembaban yang rendah,” kata Pakdemirli memperingatkan.

Baca Juga: Detik-detik Api Kebakaran Hutan Menjalar ke tempat Wisata di Turki

Perintah evakuasi juga dikeluarkan bagi warga di kota Turunc di dekat resor tepi pantai Marmaris di provinsi Mugla. Ribuan orang tampak memadati kapal-kapal kecil dengan koper mereka.

Menteri Pariwisata Mehmet Nuri Ersoy menyatakan pada Senin (2/8/2021), sejumlah turis akhirnya bisa kembali ke hotel mereka setelah api berhasil dipadamkan.

Sebuah helikopter tampak menjatuhkan air untuk memadamkan api yang melanda desa Cokertme di Bodrum, Mugla, Turki, Senin (2/8/2021). (Sumber: AP Photo/Emre Tazegul)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19