Kompas TV regional peristiwa

Polisi Ralat Status Heriyanti Anak Akidi Tio Sudah Tersangka: Masih Pemeriksaan

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 00:57 WIB
polisi-ralat-status-heriyanti-anak-akidi-tio-sudah-tersangka-masih-pemeriksaan
Perwakilan keluarga almarhum Akidi Tio (kedua dari kanan) menyerahkan bantuan Rp2 triliun untuk penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021). (Sumber: Facebook/Polda Sumsel)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

SUMSEL, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Sumatra Selatan (Sumsel) Kombes Supriadi membantah anak bungsu Akidi Tio bernama Heriyanti telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kombes Supriadi menyampaikan demikian sekaligus meralat pernyataan Direktur Intel dan Keamanan (Dirintelkam) Polda Sumsel Kombes Ratno Kuncoro.

Baca Juga: Jemput Anak Akidi Tio, Polisi: Ternyata Uang Rp2 Triliun Tidak Ada, Dia akan Jadi Tersangka

Diketahui, Kombes Ratno sebelumnya menyebutkan bahwa Heriyanti ditetapkan sebagai tersangka. Ia dijerat pasal 15 dan 16 UU nomor 1 tahun 1946 dengan ancaman pidana 10 tahun penjara.

Namun demikian, menurut Supriadi, pernyataan Kombes Ratno tersebut tidak bisa dijadikan pegangan, karena yang bersangkutan tidak melakukan penyelidikan perkara ini.

"Masih dalam proses pemeriksaan. Statusnya (Heriyanti) belum tersangka," kata Supriadi saat konferensi persnya di Polda Sumsel, Senij (2/8/2021).

Supriadi menegaskan, proses penyelidikan dan penetapan tersangka merupakan kewenangan Direktorat Reserse Kriminal Umum atau Ditreskrimum.

Baca Juga: Singgung Akidi Tio, Mahfud MD Pernah Ingin Bantu Cairkan Uang Dollar Sekoper Malah Ditertawakan BI

"Yang menetapkan tersangka Ditreskrimum yang punya kewenangan dalam proses penyidikan," ujar Supriadi.

Karena itu, menurutnya, pernyataan soal status tersangka Heriyanti tersebut tidak berdasar. Tak hanya itu, kata Supriadi, bahkan tidak sesuai dengan hasil pemeriksaan. 

"Yang punya kewenangan mengeluarkan pernyataan Bapak Kapolda dan Kabid Humas. Jangan ada dan tidak boleh pakai pernyataan lain," ucap Supriadi.

Supriadi menuturkan, sejauh ini pihak kepolisian belum menemukan adanya indikasi penipuan.

Baca Juga: Wakil Ketua Komisi III Anggap Anak Akidi Tio Tak Perlu Dibawa ke Pengadilan

Sebab, kata dia, pihaknya masih ingin memastikan uang sumbangan Rp2 triliun tersebut. Menurutnya, dana tersebut akan dicairkan melalui bilyet giro Bank Mandiri.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.