Kompas TV internasional kompas dunia

Ditemukan! Gerbang Masuk Raksasa Kuil Kuno Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat, Berusia 5.000 Tahun

Sabtu, 31 Juli 2021 | 21:34 WIB
ditemukan-gerbang-masuk-raksasa-kuil-kuno-dewa-zeus-di-aizanoi-turki-barat-berusia-5-000-tahun
Kuil Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat yang diperkirakan berusia 5.000 tahun. Peneliti Turki baru saja menemukan gerbang monumental menuju kuil akbar Dewa Zeus di sana. (Sumber: Anadolu)

AIZANOI, KOMPAS.TV - Ilmuwan baru-baru ini menemukan gerbang masuk monumental kuil Dewa Zeus, yang terletak di kota kuno Aizanoi, distrik Cavdarhisar saat ini di provinsi Kütahya Barat, Turki, seperti dilansir Daily Sabah, Sabtu (31/07/2021).

Penggalian sedang dilakukan oleh Direktorat Museum Kütahya di kota kuno, yang masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2012 dan berjarak 50 kilometer dari pusat kota.

Koordinator penggalian, Kepala Profesor Departemen Arkeologi Universitas Dumlup nar Gökhan Co kun mengatakan kepada Anadolu Agency, sejarah kota kuno itu berasal dari sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Coskun menjelaskan, gerbang itu ditemukan saat penggalian yang dilakukan 100 staf dan 25 tenaga teknis. “Kami mulai mengungkap pintu masuk monumental dengan tangga akbar menuju Kuil Zeus, yang telah berdiri selama 2.000 tahun."

Sisa-sisa struktur ini sedang ditemukan setiap hari. "Kita dapat menentukan blok arsitektur gerbang masuk monumental yang hancur," kata Co kun.

Baca Juga: Bos Mafia Beberkan “Nyanyian” di YouTube, Ungkap Kejahatan Tokoh Turki, Erdogan Target Selanjutnya

Ilmuwan sedang meneliti potongan gerbang kuil Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat. (Sumber: Anadolu)

"Setelah selesainya pekerjaan kami di sini, strukturnya akan dipugar. Kami bertujuan agar pengunjung berjalan melalui agora dan melewati gerbang masuk yang monumental ini ke area kuil, seperti pada zaman kuno," dia menambahkan.

Sebagai tuan rumah bagi salah satu kuil yang paling terpelihara dengan baik di Turki, yang didedikasikan untuk Dewa  Zeus, Kota Aizonai sebanding dengan Efesus dalam aspek kemegahan dan kepentingannya.

Awalnya dihuni oleh orang Phrygia, daerah itu dibangun orang Romawi dan berkembang menjadi sebuah kota pada abad pertama, mencakup tempat-tempat unik, seperti kuil; empat jembatan Romawi, dua di antaranya masih digunakan sampai sekarang; pasar dalam ruangan pertama yang diketahui di dunia, dengan tulisan harga barang yang dijual masih terlihat di dinding; teater; pemandian Romawi dan gua suci kuno.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Turki, 10 Orang yang Terjebak di Bendungan Berhasil Selamat

Pengunjung menaiki situs kuil Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat. Tim peneliti baru saja menemukan gerbang raksasa menuju kuil Dewa Zeus, seperti dilansir Daily Sabah, 30 Juli 2021. (Sumber: Anadolu)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Daily Sabah




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19