Kompas TV internasional kompas dunia

Ditemukan! Gerbang Masuk Raksasa Kuil Kuno Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat, Berusia 5.000 Tahun

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 21:34 WIB
ditemukan-gerbang-masuk-raksasa-kuil-kuno-dewa-zeus-di-aizanoi-turki-barat-berusia-5-000-tahun
Kuil Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat yang diperkirakan berusia 5.000 tahun. Peneliti Turki baru saja menemukan gerbang monumental menuju kuil akbar Dewa Zeus di sana. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

AIZANOI, KOMPAS.TV - Ilmuwan baru-baru ini menemukan gerbang masuk monumental kuil Dewa Zeus, yang terletak di kota kuno Aizanoi, distrik Cavdarhisar saat ini di provinsi Kütahya Barat, Turki, seperti dilansir Daily Sabah, Sabtu (31/07/2021).

Penggalian sedang dilakukan oleh Direktorat Museum Kütahya di kota kuno, yang masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2012 dan berjarak 50 kilometer dari pusat kota.

Koordinator penggalian, Kepala Profesor Departemen Arkeologi Universitas Dumlup nar Gökhan Co kun mengatakan kepada Anadolu Agency, sejarah kota kuno itu berasal dari sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Coskun menjelaskan, gerbang itu ditemukan saat penggalian yang dilakukan 100 staf dan 25 tenaga teknis. “Kami mulai mengungkap pintu masuk monumental dengan tangga akbar menuju Kuil Zeus, yang telah berdiri selama 2.000 tahun."

Sisa-sisa struktur ini sedang ditemukan setiap hari. "Kita dapat menentukan blok arsitektur gerbang masuk monumental yang hancur," kata Co kun.

Baca Juga: Bos Mafia Beberkan “Nyanyian” di YouTube, Ungkap Kejahatan Tokoh Turki, Erdogan Target Selanjutnya

Ilmuwan sedang meneliti potongan gerbang kuil Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat. (Sumber: Anadolu)

"Setelah selesainya pekerjaan kami di sini, strukturnya akan dipugar. Kami bertujuan agar pengunjung berjalan melalui agora dan melewati gerbang masuk yang monumental ini ke area kuil, seperti pada zaman kuno," dia menambahkan.

Sebagai tuan rumah bagi salah satu kuil yang paling terpelihara dengan baik di Turki, yang didedikasikan untuk Dewa  Zeus, Kota Aizonai sebanding dengan Efesus dalam aspek kemegahan dan kepentingannya.

Awalnya dihuni oleh orang Phrygia, daerah itu dibangun orang Romawi dan berkembang menjadi sebuah kota pada abad pertama, mencakup tempat-tempat unik, seperti kuil; empat jembatan Romawi, dua di antaranya masih digunakan sampai sekarang; pasar dalam ruangan pertama yang diketahui di dunia, dengan tulisan harga barang yang dijual masih terlihat di dinding; teater; pemandian Romawi dan gua suci kuno.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Turki, 10 Orang yang Terjebak di Bendungan Berhasil Selamat

Pengunjung menaiki situs kuil Dewa Zeus di Aizanoi, Turki Barat. Tim peneliti baru saja menemukan gerbang raksasa menuju kuil Dewa Zeus, seperti dilansir Daily Sabah, 30 Juli 2021. (Sumber: Anadolu)

Situs Aizanoi, yang sejarahnya berasal dari 3.000 SM, adalah pemukiman utama orang-orang Aizanitis yang tinggal di Phrygia kuno.

Pada periode Helenistik, wilayah tersebut berganti-ganti antara menjadi bawahan Pergamus dan Bitinia tetapi berada di bawah kekuasaan Romawi pada tahun 133 SM.

Dikatakan bahwa bangunan megah Aizanoi, dimulai dengan pembangunan Kuil Zeus, membuat kota ini terkenal sepanjang sejarah.

Di antara reruntuhan Aizanoi berdiri Kuil Zeus, yang tetap menjadi kuil terpelihara terbaik di Anatolia yang didedikasikan untuk Dewa Zeus, sebuah teater dengan kapasitas 15.000 orang dan bersebelahan dengannya sebuah stadion dengan kapasitas 13.500, dua pemandian Romawi, dan bangunan pasar saham komersial pertama di dunia.



Sumber : Daily Sabah


BERITA LAINNYA



Close Ads x