Kompas TV klik360 sinau

Hewan-hewan yang Tidur dengan Cara Tidak Biasa

Sabtu, 31 Juli 2021 | 13:08 WIB

KOMPAS.TV - Tak hanya manusia, hewan juga membutuhkan tidur. Namun, beberapa hewan tidur dengan cara yang berbeda. Apa saja hewan-hewan dengan cara tidur yang unik?

Simak informasinya berikut ini:

1. Jerapah

Memiliki kaki dan leher yang panjang, jerapah tidur dengan melipat leher dan keempat kakinya sedemikian rupa untuk mendapatkan posisi nyaman.

Jerapah di alam liar hanya tidur rata-rata selama 30 menit sampai 2 jam setiap harinya. Waktu tidur yang singkat adalah hasil evolusi agar jerapah tidak menjadi sasaran empuk predator jika kelamaan tertidur.

2. Paus sperma

Paus sperma tertidur dengan cara mengapung secara vertikal di kedalaman laut. Mamalia yang juga dikenal sebagai paus kepala kotak ini menghabiskan 10 sampai 15 menit dalam sehari untuk tidur.

Hal paling aneh dari perilaku tidur paus di lautan adalah mereka hanya melayang di lautan tanpa bergerak dan terlelap dalam tidur.

3. Berang-berang laut

Berang-berang laut tidur dengan cara terlentang dan mengambang di atas permukaan air. Berang-berang laut menjerat dirinya sendiri dengan rumput laut seperti jangkar pada kapal agar tidak terlalu jauh terbawa ombak.

Selain itu, tak jarang mereka tidur sambil berpegangan tangan agar tidak terpisah satu sama lain akibat arus maupun ombak yang cukup besar.

4. Kelelawar

Kelelawar menghabiskan waktu tidur di siang hari dengan posisi tubuh terbalik. Alasannya adalah untuk menghindari predator yang memangsanya saat tidur dan memudahkannya saat akan terbang.

Mereka tidur dengan cakar yang mencengkram batang pohon, atap gua, atau di tempat tinggi lainnya.

5. Walrus

Walrus adalah mamalia air yang dapat tidur di mana saja. Walrus bisa tidur di berbaring di daratan, berdiri, bersandar, mengapung di dalam air, bahkan menggelantung pada es dengan gadingnya.

Namun, walrus bisa tidak tidur selama 84 jam lamanya dan menghabiskan waktunya untuk berenang mencari makanan di laut.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19