Kompas TV internasional kompas dunia

Penerbangan Pertama yang Angkut 200 Warga Afghanistan Tiba di Amerika Serikat

Jumat, 30 Juli 2021 | 17:29 WIB
penerbangan-pertama-yang-angkut-200-warga-afghanistan-tiba-di-amerika-serikat
Foto 2 Juli 2009 ini menunjukkan seseorang, paling kiri, penerjemah Afghanistan berusia 53 tahun yang membantu Marinir AS, berbicara dengan penduduk desa Afghanistan dan dua Marinir di distrik Nawa, provinsi Helmand, Afghanistan. (Sumber: AP Photo/David Guttenfelder)

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Pesawat yang membawa 221 warga Afghanistan dalam program visa khusus, termasuk 57 anak-anak dan 15 bayi, mendarat di Bandara Internasional Washington Dulles di Dulles, Virginia, pada hari ini Jumat (30/7/2021).

Hal ini seperti tercantum dalam dokumen internal pemerintah AS yang diperoleh The Associated Press.

Ini adalah penerbangan pertama yang membawa warga Afghanistan yang bekerja bersama orang Amerika di Afghanistan, menuju ke pemukiman mereka di AS.

Presiden Joe Biden menyambut mereka dengan mengucapkan selamat datang kembali ke rumah.

Penerbangan evakuasi itu menyoroti ketidakpastian yang dirasakan Amerika Serikat tentang bagaimana pemerintah dan militer Afghanistan akan berjalan setelah pasukan tempur AS terakhir meninggalkan negara itu dalam beberapa minggu mendatang.

"Penerbangan ini sebagai tonggak penting karena kami (AS) akan terus memenuhi janji kepada ribuan warga Afghanistan yang bahu-membahu dengan pasukan dan diplomat Amerika selama 20 tahun terakhir di Afghanistan," tutur Biden. 

Biden menegaskan bahwa pemerintah menghormati para veteran militer, diplomat dan lainnya di AS yang selama ini mengadvokasi untuk menerima warga Afghanistan itu di Amerika Serikat.

“Yang terpenting, Saya ingin berterima kasih kepada orang-orang Afghanistan yang berani ini karena berdiri bersama Amerika Serikat, dan hari ini, saya bangga mengatakan kepada mereka, Selamat datang di rumah," tutur Biden. 

Baca Juga: Janji Dukung Afghanistan, AS Bersumpah akan Terus Bombardir Taliban

Pada hari Jumat, 11 Desember 2009, file foto, Sersan Marinir Amerika Serikat. Isaac Tate, kiri, dan Kpl. Aleksander Aleksandrov, tengah, mewawancarai seorang pria Afghanistan setempat dengan bantuan penerjemah dari 2nd MEB, 4th Light Armored Reconnaissance Battalion pada patroli di provinsi Helmand yang bergejolak di Afghanistan selatan (Sumber: AP Photo/Kevin Frayer)

Sementara itu Russ Travers, wakil senior penasihat keamanan dalam negeri di Dewan Keamanan Nasional, mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis(29/7) saat keluarga Afghanistan dalam perjalanan, bahwa penerbangan itu "mewakili pemenuhan komitmen AS dan menghormati layanan berani warga Afghanistan ini dalam membantu mendukung misi kami di Afghanistan, “ jelas dia.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19