Kompas TV entertainment musik

Abadi Soesman, Keyboardist God Bless yang Serba Bisa

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 09:33 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Abadi Soesman adalah sosok yang mengisi posisi keyboardist di band rock legendaris God Bless saat ini.

Lahir di Malang, 3 Januari 1949, Abadi dikenal sebagai musisi dan pencipta lagu. Selain itu Abadi juga mendapat julukan musisi serba bisa karena terampil memainkan beragam alat musik seperti gitar piano hingga synthesizer.

Memiliki dasar bermusik jazz, Abadi juga dikenal mampu bermain genre musik lainnya seperti pop, rock, blues hingga dangdut.

Baca Juga: Gelar Konser God Bless, KompasTV Rilis Layanan Streaming Berbayar "Bioskop KompasTV"

Di tahun 1969, Abadi hijrah dari Malang menuju Jakarta bersama Ian Antono. Di awal karir musiknya di Jakarta juga tidak mudah. Abadi sempat ditolak menjadi home band di sebuah café di Jakarta. Ia pernah menjadi pemain keyboard pengganti sebelum sukses seperti saat ini.

Di tahun 1970-an, Abadi Soesman juga terlibat dalam proyek musik eksperimen yang menggabungkan musik rock progressive dan gamelan Bali. Dalam proyek ini abadi soesman bekerja bersama Guruh Soekarnoputra dan Chrisye.

Barulah di tahun 1979, Abadi Soesman diajak Ian Antono untuk bergabung dengan God Bless menggantikan Yockie Suryoprayogo.

Dalam sebuah obrolan di channel youtube God Bless, Abadi mengaku tidak mudah menggantikan Yockie. Namun akhirnya bergabungnya Abadi Soesman saat itu memberikan warna baru bagi musik God Bless. 

Sentuhan permainan keyboardnya yang njelimet diimplementasi dalam album kedua God Bless bertajuk Cermin. Nuansa progressive rock sangat terasa di dalam album ini.

Kehadiran Abadi Soesman bersama God Bless sempat terhenti karena vakumnya band tersebut. Hingga di tahun 2002 Abadi kembali memperkuat God Bless hingga saat ini.

Video editor: Agung

Baca Juga: Deretan Musisi Bandung yang Pernah Bergabung Bersama God Bless



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x