Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian: Dunia Kekurangan Pasokan Pelaut Profesional Layani Rantai Pasokan Global

Rabu, 28 Juli 2021 | 17:37 WIB
penelitian-dunia-kekurangan-pasokan-pelaut-profesional-layani-rantai-pasokan-global
Terminal Kargo dan Petikemas. Risiko yang mengintai rantai pasokan global dapat meningkat karena dunia akan menghadapi kekurangan pelaut kapal dagang dan kapal kargo dalam lima tahun ke depan jika tidak diambil tindakan segera untuk meningkatkan jumlah pelaut, kata sebuah laporan, Rabu (28/ 07/2021) seperti dilansir The Straits Times (Sumber: jictcsr.com)

LONDON, KOMPAS.TV - Risiko yang mengintai rantai pasokan global dapat meningkat karena dunia akan menghadapi kekurangan pelaut kapal dagang dan kapal kargo dalam lima tahun ke depan, jika tidak diambil tindakan segera untuk meningkatkan jumlah pelaut, kata sebuah laporan, Rabu (28/07/2021) seperti dilansir The Straits Times.

Industri pelayaran saat ini kekurangan pelaut akibat pandemi Covid-19. Situasi itu akan makin membuat runyam proyeksi pasokan pelaut beberapa tahun ke depan, kata penelitian yang diterbitkan asosiasi perdagangan Bimco dan International Chamber of Shipping (ICS).

Virus Corona varian Delta menghantam hebat banyak negara di Asia sehingga membuat banyak negara menutup akses darat bagi para pelaut.

Studi yang dirilis oleh Bimco dan ICS memperkirakan, saat ini ada 1,89 juta pelaut mengoperasikan lebih dari 74.000 kapal di armada niaga global.

The Seafarers Workforce Report atau Laporan Tenaga Kerja Pelaut, yang terakhir diterbitkan pada tahun 2015 menerbitkan proyeksi pertumbuhan pelayaran dagang, yang menyebut sektor ini akan membutuhkan 89.510 pelaut tambahan tahun 2026.

Baca Juga: Bisnis Kargo Jadi Tumpuan Utama Pendapatan Usaha Garuda Indonesia di Tengah Pandemi

Kapal kargo raksasa Ever Given berlayar ke arah utara menuju Laut Mediterania pada Rabu (7/7/2021). Studi yang dirilis oleh Bimco dan ICS memperkirakan, saat ini ada 1,89 juta pelaut mengoperasikan lebih dari 74.000 kapal di armada niaga global, seperti dilansir Straits Times, Rabu, (28/07/2021) (Sumber: AP Photo)

Laporan itu mengatakan saat inipun ada kekurangan 26.240 pelaut bersertifikat, menunjukkan bahwa tahun 2021 ini, kebutuhan akan pelaut sudah lebih tinggi dari pasokan.

"Kita saat ini jauh melampaui jaring pengaman surplus tenaga kerja yang melindungi pasokan makanan, bahan bakar, dan obat-obatan dunia," kata Sekjen ICS Guy Platten.

"Tanpa tindakan segera dari pemerintah, pasokan pelaut (ke industri pelayaran dagang) akan berhenti."

Platten, mengutip survei industri menambahkan, baru sekitar 20 persen pelaut di seluruh dunia yang menjalani vaksinasi Covid-19. Fakta itu harusnya mendesak pemerintah berbagai negara untuk segera memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi "pekerja transportasi kritikal dan esensial" khususnya kalangan pelaut kapal dagang.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19