Kompas TV internasional kompas dunia

Meski Kasus Covid-19 Tokyo Meroket Selama Olimpiade, PM Suga Bilang Tak Perlu Menangguhkan Olimpiade

Rabu, 28 Juli 2021 | 12:34 WIB
meski-kasus-covid-19-tokyo-meroket-selama-olimpiade-pm-suga-bilang-tak-perlu-menangguhkan-olimpiade
Mengenakan masker sebagai perlindungan diri terhadap virus corona, warga melintasi jalan di Tokyo, Jepang, Selasa (27/7/2021). (Sumber: AP Photo/Koji Sasahara)

TOKYO, KOMPAS.TV – Hampir sepekan setelah Olimpiade Tokyo dibuka pada Jumat (23/7/2021) lalu, kasus Covid-19 dilaporkan meroket. Perdana Menteri Yoshihide Suga mendesak warga untuk menghindari pergi keluar untuk kepentingan yang tak mendesak. Namun, kata sang perdana menteri,  tak perlu mempertimbangkan penangguhan Olimpiade.

Melansir Associated Press, pada Selasa (27/7/2021), Tokyo mencatat 2.848 kasus Covid-19 baru. Angka ini melampaui rekor kasus harian sebelumnya, yang tercatat mencapai 2.520 kasus pada 7 Januari lalu. Hingga, jumlah total kasus Covid-19 di Tokyo sejak pandemi menjadi lebih dari 200.000 kasus.

Tokyo kini berada dalam Status Keadaan Darurat yang ke-4, yang akan berlaku selama Olimpiade hingga sebelum Paralimpiade dimulai pada akhir Agustus.

Para ahli telah memperingatkan bahwa varian Delta yang lebih menular akan menyebabkan lonjakan kasus selama Olimpiade..

Baca Juga: Ada Toilet Unik Berbentuk Jamur di Jepang, Ternyata Karya Arsitek Peraih Penghargaan Pritzker

Namun, angka kasus dan kematian akibat Covid-19 di Jepang tetap lebih rendah dibandingkan negara-negara lain. Secara nasional, Jepang mencatat sebanyak 5.020 kasus harian pada Senin (26/7/2021), hingga total keseluruhan kasus nasional menjadi 870.445 dengan 15.129 kematian. Menurut data dari Universitas John Hopkins, Jepang mencatat rata-rata kasus 3,57 per 100.000 orang,  sementara India 2,76; Amerika Serikat 17,3 dan Inggris 53,1.

Namun, saat ditanya apakah dirinya mempertimbangkan opsi untuk menangguhkan Olimpiade, Suga menjawab, “Tak perlu khawatir soal itu.” Suga menambahkan, pergerakan orang-orang jauh berkurang sejak Olimpiade dimulai karena adanya kontrol lalu lintas dan permintaan pemerintah agar warga bekerja dari rumah.

Suga juga kembali mendesak agar warga menghindari pergi keluar rumah untuk kepentingan yang tak mendesak. “Tolong menonton Olimpiade dari televisi di rumah,” pintanya.

Pemerintah Suga menuai kritik dari sejumlah pihak yang menilai bahwa ia memprioritaskan Olimpiade daripada kesehatan masyarakatnya. Survei media baru-baru ini mencatat, dukungan publik pada Suga telah menurun sekitar 30 persen.

Baca Juga: Seniman Jepang Ciptakan Karakter Samurai Negara Peserta Olimpiade, Ada Maharudika dari Indonesia

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Purwanto

Sumber : Associated Press/NHK


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19