Kompas TV feature ngopi

Kami Butuh Kejelasan! (2) - NGOPI

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 13:11 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sejatinya, sebuah peraturan dikeluarkan adalah untuk menjaga ketertiban dan kebaikan bersama. Namun, tak bisa dipungkiri, suatu peraturan tentu akan selalu menimbulkan pro dan kontra. Apalagi jika sebuah peraturan tak diikuti dengan kejelasan pedoman pelaksanaan hingga menimbulkan kerugian.

Industri penerbangan misalnya, yang seakan punya bermacam intepretasi tersendiri akan tata peratiuran perjalan udara, menjadi salah satu yang disorot. Tiap bandara, tiap maskapai terlihat tak kompak dalam menjalankan aturan PPKM Level 4. Bagaimana ini bisa terjadi? Salah satunya adalah pola komunikasi, menurut Ruth Hanna Simatupang (pengamat penerbangan). Ada apa dengan pola komunikasi pengusaha penerbangan?

Tidak cuma calon penumpang yang dirugikan. Ada pula para penjaja makanan kaki lima yang mulai jengah karena kehilangan pemasukan dengan jumlah cukup signifikan. Paguyuban PKL Cikapundung Barat, Bandung salah satunya. Harapan dari penjualan online pun dirasa sirna karena penyekatan yang membuat driver ojek online tak bisa masuk ke area mereka. Lalu bagaimana bila pembatasan terus berlanjut seperti yang sudah dimandatkan oleh pimpinan Negara?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x