Kompas TV nasional update corona

Anies: Bila Ada yang Meninggal Saat Isolasi Mandiri Kita Laporkan, Tidak Pernah Ditutup-tutupi

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 04:05 WIB
anies-bila-ada-yang-meninggal-saat-isolasi-mandiri-kita-laporkan-tidak-pernah-ditutup-tutupi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Pendidikan nasional (Hardiknas) 2021), Minggu (2/5/2021). (Sumber: YouTube Radio Dinas Pendidikan DKI Jakarta)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan tidak pernah menutup data soal perkembangan pandemi Covid-19, termasuk yang meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri.

Demikian hal tersebut ditegaskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam sebuah webinar gerakan vaksinasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: Anies: Jangan Terburu-Buru Menyimpulkan Covid-19 Sudah Melewati Puncaknya

"Soal isolasi mandiri saya rasa perlu garisbawahi. Di Jakarta, tidak pernah menutup data, tidak pernah mengurangi, tidak pernah menambahi," ujar Anies.

"Bila ada yang meninggal, kita laporkan, bila selamat kita laporkan, tidak pernah ditutup-tutupi."

Menurut Anies, Jakarta mungkin merupakan satu-satunya daerah yang memiliki data mengenai status pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga: Klaim Anies Baswedan: IGD Tak Lagi Penuh, Positivity Rate Menurun!

"Ini hasil rapat-rapat kita (Forkopimda), bahwa tim Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas, itu harus tahu siapa yang positif, siapa yang isolasi mandiri di setiap wilayahnya," ujar Anies.

Data-data itu, Anies menambahkan, juga diberikan ke kanal laporan warga LaporCovid-19 yang disusun oleh mereka dan disampaikan kepada warga.

Anies meminta data-data yang disusun baik oleh LaporCovid-19 maupun yang disusun pemerintah agar diperhatikan dan dicermati untuk kepentingan bersama.

Baca Juga: Anies Baswedan Ungkap Penyebab Banyak Pasien Covid-19 Isoman yang Meninggal Dunia

"Kami minta semua data-data yang ada dari penularan, daerahnya, jumlah yang dirawat, ketersediaan RS, hingga data fatalitas untuk dilihat dan dicermati supaya kita bisa melindungi semuanya," ucap Anies.

Sebelumnya, kanal laporan warga yang diunggah melalui laman LaporCovid-19.org menyebutkan statistik data warga yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri.

Dari laporan itu, disebutkan bahwa jumlah kematian saat isolasi mandiri dan di luar rumah sakit di Jakarta mencapai 1.215 orang.

Baca Juga: Anies: Sebanyak 7,1 Juta Warga DKI Jakarta Sudah Divaksin Covid-19

Adapun rinciannya yakni di Jakarta Timur mencapai 403 kematian, Jakarta Selatan (289), Jakarta Utara (205), Jakarta Pusat (162) dan Jakarta Barat sebanyak 156 kematian.

Data tersebut didapatkan dari gabungan data Lapor Covid-19 dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang dicatat mulai 8 Juni 2021.

Baca Juga: Anies Baswedan Ungkap Angka Positivity Rate Covid-19 di DKI Jakarta Menurun

 



Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.