Kompas TV regional berita daerah

Lhoong Lokasi Agrowisata Kebun Durian Mulai Populer di tengah Masyarakat Aceh

Minggu, 25 Juli 2021 | 19:42 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.TV-  Lhoong Aceh Besar menjadi lokasi wisata durian yang ramai di kunjungi terutama saat musim panen tiba.

Selain disuguhkan pemandangan alam yang asri, wisatawan juga bisa menikmati durian lhoong yang lezat dari kebunnya.

Untuk menuju ke lhoong Aceh Besar, kita bias melalui jalur darat dengan menggunakan angkutan umum. Dari Banda Aceh menghabiskan waktu satu jam untuk bisa sampai ke Lhoong.

Lhoong memang terkenal dengan kelezatan durian dan wisata pemandiannya. Tak heran setiap akhir pekan lokasi itu selalu dipadati wisatawan.

Seperti komunitas dosen universitas Syiah Kuala yang melakukan agrowisata ke Lhoong. Sensasi pendakian menuju kebun duren tak kalah menantang. Untuk sampai di hutan, mereka harus melewati sungai dengan air yang jernih dan bebatuan.

Lelah pun terbayarkan saat tiba di kebun. Wisatawan mulai  mencari durian jatuh di sekitar pohon. Setelah berhasil menemukan durian yang sudah ranum, mereka membawa ke pondok untuk disantap bersama.

Durian dengan cita rasa yang lezat, rasa yang manis, daging duriannya lembut sehingga dapat memanjakan lidah penikmatnya.

Frisca erwan salah seorang  wisatawan asal Banda Aceh menjelaskan bahwa dia bersama teman-temannya merasakan sensasi saat menuju kebun durian karena melewati sungai serta kerennya pemandangan.

“Kalau makan durian itu sudah biasa, tapi kalau makan durian langsung dikebunnya ditambah dengan ada adventure, hiking, ada durian jatuh kita langsung ambil, dibuka dan langsung dimakan itu sensasinya pasti berbeda”, Jelas Frisca.

Agrowisata kebun durian Lhoong ini dipopulerkan oleh Zainal Abidin, warga asli Lhoong. Dia juga membuka paket wisata bagi yang ingin merasakan sensasi makan durian langsung dari kebunnya.

Untuk sekali berburu durian, wisatawan harus merogoh kocek sebesar 150 ribu rupiah per orang. Dia juga menawarkan paket wisata berkemah disana, dengan harga 200 ribu rupiah per orang mereka bisa bermalam sambil berburu durian jatuh.

Lhoong, Aceh Besar ini merupakan kawasan wisata yang di kelola oleh masyarakat. Bukan saja wisata durian, begitu juga dengan wisata air terjun, pendakian, serta sejumlah wisata alam lainnya. Diharapkan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lhong mampu menambah pendapatan warga maupun pendapatan desa.

#durian #agrowisataaceh #aceh

Penulis : KompasTV Aceh

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:15
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19