Kompas TV nasional politik

HNW ke Ari Kuncoro: Anda Sudah Tak Layak, Sebaiknya Mundur dari Jabatan Rektor UI

Minggu, 25 Juli 2021 | 08:14 WIB
hnw-ke-ari-kuncoro-anda-sudah-tak-layak-sebaiknya-mundur-dari-jabatan-rektor-ui
Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) di DPR, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (Sumber: KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI )

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendesak Ari Kuncoro untuk segera melepas jabatan rektor Universitas Indonesia (UI). Sebab, yang bersangkutan diduga telah melakukan pelanggaran akibat rangkap jabatan sejak 2020. 

Seperti diketahui, dalam PP No. 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI disebutkan rektor tidak boleh rangkap jabatan sebagai pejabat BUMN, BUMD, dan swasta. Namun, kini Ari Kuncoro telah mengundurkan diri sebagai wakil komisaris PT Bank BRI sejak Kamis (22/7/2021). 

"Selain perlu menaati aturan di Indonesia yang dinyatakan sebagai negara hukum, ada pula etika penyelenggaraan negara maupun di dunia pendidikan yang sangat penting untuk menghadirkan keteladanan. Karenanya secara etika kehidupan berbangsa, Ari Kuncoro wajarnya mundur sebagai rektor," kata pria yang karib disapa HNW dalam keterangan tertulis, Minggu (25/7/2021). 

Baca Juga: Fadli Zon Minta Ari Kuncoro Mundur dari Jabatan Rektor UI | Rosi

Menurut dia, pengunduran mantan dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI itu dari kursi jabatan wakil komisaris utama PT BRI, menandakan dirinya mengakui kesalahan yang pernah dilakukannya. 

"Tetapi itu justru mengkonfirmasi pembenaran kritik publik terhadap pelanggaran aturan rangkap jabatan yang dilakukan Ari Kuncoro sejak dilantik sebagai Rektor UI pada 4 Desember 2019 hingga saat diterbitkannya PP No. 75/2021 pada 2 Juli 2021," ujarnya. 

Politikus PKS itu menyesalkan sikap Ari Kuncoro yang hingga kini tak pernah menyatakan minta maaf atas kesalahan yang diperbuatnya. Padahal rektor di kampus seharusnya menjadi teladan utama bagi para mahasiswa, agar mereka bisa diajak untuk taat kepada hukum dan aturan. 

"Maka bagaimana rektor mengajarkan mahasiswa untuk taat aturan dan taat hukum, sementara mereka disuguhi dengan aturan yang bisa diakali untuk membenarkan ketidakpatuhan terhadap aturan, dan pembiaran terhadap ketidaktaatan kepada aturan hukum,” ujarnya. 

Baca Juga: Polemik Statuta UI, Ngabalin: Sudah Diusulkan Sejak Tahun 2019 | Rosi

Ia menyebut, bahwa secara etika penyelenggara negara dalam bidang penegakan hukum, bidang sosial maupun politik, dan dunia keilmuan yang diatur dalam TAP MPR no VI/2001, dia sudah tidak layak lagi menjabat sebagai rektor UI.

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19