Kompas TV nasional sosok

Profil Singkat Rektor IIQ Jakarta Prof Huzaemah yang Meninggal Dunia di RSUD Banten

Jumat, 23 Juli 2021 | 17:14 WIB
profil-singkat-rektor-iiq-jakarta-prof-huzaemah-yang-meninggal-dunia-di-rsud-banten
Rektor Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta Prof Huzaemah Tahido Yanggo meninggal dunia karena terpapar Covid-19 di RSUD Banten hari ini, Jumat (23/7/2021). (Sumber: Instagram/iiqjakarta)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rektor Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta Prof. Huzaemah Tahido Yanggo meninggal dunia karena terpapar Covid-19 di RSUD Banten hari ini, Jumat (23/7/2021).

Kabar tersebut diketahui lewat cuitan mantan Ketua MUI Bidang Fatwa Nadirsyah Hosen di akun Twitter pribadinya, @na_dirs.

"Kabar duka: Prof Dr Hj Huzaemah Tahido Yanggo wafat dalam usia 74 th karena Covid. Rektor Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta dan pakar fiqh perbandingan mazhab, perempuan Indonesia pertama yang mendapat gelar doktor dari Universitas al-Azhar Cairo. Lahal Fatihah," cuit Gus Nadir.

Baca Juga: Tidak Cukup Bukti, Laporan Dugaan Pelaggaran Etik Pimpinan KPK Soal TWK Tidak Lanjut ke Sidang Etik

Selain itu, kabar duka juga disampaikan pihak kampus IIQ melalui akun Instagram resmi, @iiqjakarta.

"Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ibu/Orang Tua/Guru Kita Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo, MA, Rektor IIQ Jakarta. Pada Hari Jumat, 23 Juli 2021 Pukul 06.10 WIB di RSUD Banten. Semoga amal ibadah almarhumah selama hidupnya diterima di sisi Allah SWT dan bagi keluarga yang ditinggalkan agar tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini," tulis akun Instagram @iiqjakarta, Jumat (23/7/2021).

Perlu diketahui, perempuan kelahiran Donggala, 30 Desember 1946 ini sejak tahun 2014 sudah menjadi rektor di IIQ.

Masa jabatannya sebagai rektor di periode keduanya ini akan berakhir pada tahun 2022 mendatang.

Prof Huzaemah dikenal sebagai pakar fiqh perbandingan mazhab dan merupakan perempuan Indonesia pertama yang mendapat gelar doktor dari Universitas al-Azhar Kairo.

Baca Juga: Dokter Reisa Sarankan Anak-anak Lebih Baik Tak Dibawa Keluar Rumah Saat Pandemi Covid-19

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/Instagram IIQ Jakarta


BERITA LAINNYA


SINAU

Apa Fungsi Ekor pada Tubuh Hewan?

Senin, 20 September 2021 | 18:55 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19