Kompas TV nasional hukum

Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Buka Suara Soal Kontroversi Perubahan Statuta UI

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 15:41 WIB
majelis-wali-amanat-universitas-indonesia-buka-suara-soal-kontroversi-perubahan-statuta-ui
Gedung Rektorat Universitas Indonesia (UI) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) , Saleh Husin buka suara soal perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 tahun 2013 yang diubah menjadi PP Nomor 75 tahun 2021 tentang Statuta Universitas Indonesia (UI).

Menurut Saleh, ada banyak hal yang berubah di dalam PP tersebut, tetapi yang menuai perhatian adalah Pasal 35 huruf c. Pada PP lama, yakni PP Nomor 68 Tahun 2013, pasal itu berbunyi:

Rektor dan Wakil Rektor dilarang merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.

Lalu, pada PP yang baru, yakni PP Nomor 75 Tahun 2021, bunyi Pasal 35 huruf c diubah menjadi: Rektor dan Wakil Rektor dilarang merangkap sebagai direksi pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.

Ihwal perubahan itu, Saleh mengatakan, dalam pandangan MWA, Pasal 35 huruf c pada PP yang lama multitafsir. Sehingga perlu dibuat lebih jelas.

Sebab, kata dia, definisi pejabat seperti yang ada di PP 68/2013 sangat luas.

"MWA menilai, yang namanya pejabat itu adalah orang yang day to day bekerja untuk perusahaan, yaitu jajaran direksi. Maka, pada PP yang baru diperjelas langsung direksi," ucap Saleh dlansir dari ANTARA, Jumat (23/7/2021).

Kata Saleh, pemahaman MWA itu sesuai dengan naskah hasil revisi yang diteken Presiden Jokowi pada 2 Juli 2020.

Baca Juga: Debat Panas Ngabalin & Fadli Zon Soal Rektor UI Rangkap Jabatan | Rosi (3)

Lalui Proses Panjang

Lebih lanjut, Saleh menjelaskan bahwa perubahan statuta tersebut sudah berlangsung sejak 2019, hingga akhirnya diteken oleh Presiden Joko Widodo.

"Kalau tidak salah, pada April 2020 dibentuk tim kecil, tetapi seingat saya pada Maret 2020 atas inisiatif dewan guru besar, tim kecil ini sudah mulai rapat," jelas Saleh.

Di tim kecil tersebut, lanjut Saleh, berniat untuk memformulasikan masukan setiap organisasi. Tetapi tidak pernah match (ketemu).

"Akhirnya mentah dan balik ke masing-masing organ untuk dibahas lagi dan penambahan masukan," jelasnya.

Kata Saleh, proses tim kecil itu dimulai dengan menampung usulan dari empat organisasi di UI: Majelis Wali Amanat UI, Dewan Guru Besar (DGB), Senat Akademik (SA), dan Eksekutif/Rektorat.



Sumber : Kompas TV/Ant

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.