Kompas TV feature bincang sehat

Ketahui Risiko Jika Tulang Ekor Bermasalah atau Cedera, Tahap Paling Parah bisa Lumpuh

Jumat, 23 Juli 2021 | 08:20 WIB
ketahui-risiko-jika-tulang-ekor-bermasalah-atau-cedera-tahap-paling-parah-bisa-lumpuh
Ilustrasi. Efek jika tulang ekor mengalami masalah atau cedera. (Sumber: hellosehat.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Setiap bagian tubuh manusia mempunyai fungsi yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia itu sendiri. Salah satu bagian penting yang tak banyak orang sadari adalah tulang ekor.

Tulang ekor atau coccyx  merupakan pangkal tulang belakang dan titik pertemuan dari otot-otot kecil. Jika tulang ini bermasalah, manusia tidak akan bisa duduk dengan nyaman.

Tulang ekor sendiri terdiri dari 4 tulang belakang yang menyatu membentuk 1 tulang kecil. Dari itulah, tulang ini berperan dalam menahan beban dan menjadi pusat gravitasi yang baik.

Fungsi keberadaannya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti, saat mengambil ransel yang berat, tulang belakang lumbal, sakrum, dan tulang ekor membantu memberi kekuatan untuk mengangkatnya.

Juga saat melakukan kegiatan seperti menari, melompat, dan berjalan, bagian-bagian tulang ini juga membantu tubuh agar tetap seimbang.

Baca Juga: Ketahui Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Mungkin Sering Anda Alami Tanpa Sadar

Oleh karena itu, apa jadinya jika tulang ini bemasalah atau cedera. Berikut kemungkinan yang terjadi;

  • Sakit di tulang ekor tentu menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk.
  • Ketika tulang ekor mengalami gangguan, bisa muncul rasa sakit yang terus-menerus di area ini dan bertambah parah saat duduk atau melakukan gerakan tertentu.
  • Rasa sakit juga bisa muncul saat Anda berdiri terlalu lama,
  • Terasa sakit saat berpindah posisi dari duduk ke berdiri
  • Kram hebat ketika menstruasi
  • Rasa sakit yang terjadi saat mengejan.
  • Nyeri punggung bawah atau nyeri yang terasa hingga kaki. menyebar ke area pinggul, bokong, dan kaki.
  • Perasaan sakit saat berhubungan seksual yang terjadi pada beberapa wanita.
  • Kepala terasa sangat sakit
  • Mengalami masalah pencernaan kronis terutama sembelit
  • Depresi dan susah tidur
  • Pada tahap yang parah, Anda mungkin mengalami cedera pada tulang ekor yang dapat menyebabkan rasa sakit parah hingga kelumpuhan.

Beberapa kasus, rasa sakit bisa muncul tepat setelah cedera tulang ekor, sementara yang lain muncul pada bulan atau tahun berikutnya.Rasa sakit di tulang ekor yang ringan umumnya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun, jika Anda mengalami mati rasa, lumpuh atau lemas pada salah satu maupun kedua tungkai, atau nyeri terasa sangat parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Sehat di Tengah Pandemi: Tulang Ekor Bengkok, Apakah Bisa Kembali Normal?

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/dinkes.bantulkab.go.id/hellosehat.com/sehatq.com/halodoc.com




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19