Kompas TV internasional kompas dunia

Daimler Umumkan Tahun 2025 Mercedes-Benz Beralih Menjadi Full Elektrik

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:49 WIB
daimler-umumkan-tahun-2025-mercedes-benz-beralih-menjadi-full-elektrik
Daimler menanamkan 40 miliar euro atau setara USD47 miliar untuk peralihan penuh Mercedes-Benz menjadi kendaraan full elektrik pada akhir dekade ini. (Sumber: John McDougall/France24 via AFP)

FRANKFURT, KOMPAS.TV - Produsen mobil mewah Jerman Daimler mengatakan pada hari Kamis, (22/07/2021) mereka menanamkan 40 miliar euro atau setara USD47 miliar untuk peralihan penuh Mercedes-Benz menjadi kendaraan listrik alias full elektrik pada akhir dekade ini.

"Mercedes-Benz akan siap menjadi serba listrik dalam dekade ini," kata perusahaan itu dalam sebuah presentasi. Namun Daimler menekankan, hal itu akan dilakukan jika kondisinya memungkinkan.

Pembuat mobil mewah itu meluncurkan strategi ambisius, di mana mereka akan menawarkan versi listrik dari semua model pada tahun 2025 dan janji bahwa semua platform mobil baru hanya akan menggunakan listrik mulai tahun tersebut.

Untuk memungkinkan peralihan ke kendaraan listrik, Daimler mengatakan mereka berencana membuka delapan fasilitas produksi baterai dan berencana menggunakan platform baterai umum di lebih dari 90 persen kendaraan masa depan.

"Pergeseran ke arah kendaraan listrik makin cepat ini, terutama di segmen mewah, di mana Mercedes-Benz berada," kata CEO Daimler Ola Kallenius.

"Tugas utama kami dalam transformasi ini adalah meyakinkan pelanggan untuk beralih dengan membuat produk-produk yang menarik," tambahnya.

Baca Juga: Mercedes Luncurkan Mobil Elektrik Mewah EQS, Bertarung Melawan Tesla

Mercedes Benz EQS di Stuttgart, Jerman. Mercedes-EQ mempersembahkan sedan mewah serba listrik EQS pada premier dunia digital di platform media online Mercedes me pada hari Kamis, 15 April 2021. Pabrikan mobil Mercedes-Benz mempersembahkan EQS bertenaga baterai, yang digunakan perusahaan tersebut. untuk memperluas pilihan kendaraan listriknya. (Sumber: Mercedes Benz via AP)

Baca Juga: Indonesia Berambisi Jadi Pemain Utama Rantai Pasok Kendaraan Listrik

Daimler mengatakan mereka berambisi membuat kendaraan listrik dengan daya tempuh riil lebih dari 1.000 kilometer dalam satu kali pengisian baterai secara penuh.

Semakin banyak pembuat mobil meluncurkan rencana untuk beralih ke kendaraan listrik, sehingga mesin pembakaran internal dengan bahan bakar berasal dari minyak bumi seperti menanti ajal.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : France24




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19