Kompas TV regional berita daerah

66 Orang Ditangkap, Terpengaruh Hoax Demo PPKM

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 13:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Puluhan orang yang rata-rata masih pelajar SMP dan SMA diamankan polisi saat hendak menuju Gedung DPRD Kota Tegal, karena terpengaruh hoaks demo menolak PPKM Darurat. Mereka bahkan sempat menyerang polisi yang sedang melintas saat menuju ke Mapolres Tegal. 

Sebanyak 66 orang kebanyakan adalah remaja, Senin (19/07/2021), diamankan di Mapolres Tegal Kota karena diduga terpengaruh hoaks ajakan demo untuk menolak PPKM Darurat yang digaungkan di media sosial. Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari mengatakan, para pelajar dan sejumlah orang yang merupakan pekerja dan pengangguran yang diamankan sebagian besar berasal dari Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Mereka terpengaruh hoaks ajakan aksi demo untuk menolak PPKM Darurat yang ramai beredar di media sosial. Padahal, meski sebenarnya ada agenda sejumlah mahasiswa yang melakukan audiensi dengan Forkopimda Kota Tegal terkait perpanjangan PPKM Darurat, namun tidak diagendakan untuk menggelar aksi demo. “Mereka rupanya terinspirasi dengan beberapa postingan melalui media sosial di facebook dan beredar di whatsapp status dan lain-lain, sehingga mereka datang ke kota tegal ini karena mereka mendapatkan informasi awal akan ada gerakan turun ke jalan, namun  tidak jadi dilaksanakan tapi diganti audiensi dengan Pak Wali Kota", jelas AKBP Rita Wulandari. 

Polisi hingga kini masih memeriksa intensif 17 orang dari 66 orang yang diamankan, untuk mengungkap adanya aktor intelektual. Polisi juga melakukan tes usap antigen terhadap 69 pelajar dan dua diantaranya diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

#demotolakppkm #hoaxmediasosial  #unjukrasa   

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x