Kompas TV entertainment musik

God Bless Era 2010-2021: Temukan Formasi Inti dan Menolak Tua untuk Berkarya

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 12:05 WIB
god-bless-era-2010-2021-temukan-formasi-inti-dan-menolak-tua-untuk-berkarya
God Bless (Sumber: Dok Pribadi)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perjalanan dan lika-liku God Bless berkarir selama 48 tahun meramaikan industri musik Indonesia memang menarik untuk diulas. Dalam tulisan sebelumnya, sudah dibahas bagaimana Achmad Albar cs membangun band ini di era 70-an, hingga 2000.

Memasuki periode 2010, hingga 2021, juga masih terjadi perubahan bongkar pasang personel dalam tubuh God Bless. Awal tahun 2012, Donny Fattah jatuh sakit. Dia mengalami serangan jantung yang mengharuskan dirinya beristirahat total dari seluruh kegiatan bermusik.

Padahal ketika itu, God Bless sedang dalam persiapan untuk tampil dalam salah event akbar "Java Jazz 2012" di Jakarta.

Baca Juga: God Bless Era-70: Perjalanan Achmad Albar dari Band Crazy Wheels Hingga Jadi God Bless

Sempat terpikir untuk membatalkan keikutsertaannya, God Bless akhirnya tetap tampil dalam event tersebut. Adalah Arya Setyadi yang dipercaya untuk menggantikan Donny Fattah sebagai bassist God Bless.

Kejutan lain yang muncul, pada hari itu posisi drummer God Bless diisi oleh Fajar Satritama yang notabene adalah drummer dari Edane yang tak lain adalah band dari mantan gitaris God Bless Eet Sjahranie. 

Fajar Satritama hari itu hadir sebagai additional player menggantikan Yaya Moektio. Setengah tahun berselang, Donny Fattah kembali.

Kembalinya Donny Fattah disambut gembira oleh para pencinta God Bless, yang tergabung dalam God Bless Community Indonesia, ketika muncul lagi untuk pertama kalinya dalam event Jakarta Fair 2012.

Formasi inti, yaitu Ahmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass), Fajar Satritama (drum) dan Abadi Soesman (kibor) bertahan lama hingga saat ini.

Formasi ini yang tampil dalam dua perhelatan konser besar God Bless, merayakan empat dekade perjalanan God Bless di belantika musik Indonesia, yaitu konser To Commemmorate God Bless di ballroom Hotel Harris Bandung tanggal 30 November 2014 dan konser Panggung Sandiwarara God Bless di Ciputra Artpreneur Jakarta tanggal 7 Agustus 2015, dan banyak lagi.

Baca Juga: God Bless Era-80: Rock yang Galak dan Rumit, Lagu "Anak Adam" Sentuh 11 Menit

Terbaru di tahun 2021, God Bless menelurkan karya baru. Mereka mengaransemen ulang dan menjadikan "Mulai Hari Ini" sebagai single baru pada 12 Mei 2021.

Tentu saja lagu baru tersebut menjadi bukti band ini menolak untuk tua.

"Kami sama sekali tidak pernah merasa tua karena esensi musik sebaiknya dilepaskan dari dimensi ruang dan waktu. Yang kami lakukan adalah meretrospeksi karya-karya yang sudah pernah dihasilkan," ujar para personel God Bless dalam siaran persnya kala itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x