Kompas TV internasional kompas dunia

Virus Corona Varian Delta Kini Jadi Varian Dominan di Dunia

Sabtu, 17 Juli 2021 | 14:53 WIB
virus-corona-varian-delta-kini-jadi-varian-dominan-di-dunia
Orang-orang menyantap hidangan di area luar ruangan sebuah restoran di San Francisco, California, Amerika Serikat, pada 15 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/Dong Xudong)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Covid-19 varian Delta kini mendominasi dunia. Hal ini dibarengi dengan lonjakan kematian di seluruh Amerika Serikat (AS) yang hampir semuanya berasal dari kalangan orang yang tidak divaksin. Demikian kata pejabat AS pada Jumat (16/07/2021) seperti dilansir Antara.

Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS CDC Rochelle Walensky saat jumpa pers mengungkapkan, kasus Covid-19 di AS meningkat 70 persen selama sepekan sebelumnya dan kematian naik 26 persen.

"Wabah terjadi di sebagian wilayah dengan tingkat vaksinasi yang rendah," kata CDC.

Berdasarkan data CDC, jumlah rata-rata sepekan terkait infeksi harian kini lebih dari 26.000 kasus, jauh lebih tinggi dari sekitar 11.000 kasus pada Juni. "Ini menjadi pandemi bagi mereka yang tidak divaksin," katanya.

Ia menambahkan, 97 persen orang yang masuk rumah sakit karena Covid-19 adalah mereka yang belum divaksin.

Walensky mengatakan, semakin banyak daerah di seluruh AS kini menunjukkan risiko transmisi Covid-19 yang tinggi. Perkembangan itu memutarbalikkan penurunan risiko transmisi dalam beberapa bulan terakhir.

Sekitar satu dari lima kasus baru terjadi di Florida, menurut koordinator respons Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients.

Baca Juga: 3 Juta Dosis Vaksin Moderna dari Amerika Serikat Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Orang-orang mengunjungi National Mall di Washington DC, Amerika Serikat, pada 11 April 2021. (Sumber: Xinhua/Ting Shen)

Pakar penyakit menular AS Anthony Fauci mengatakan, varian Delta yang secara signifikan sangat menular dibandingkan Covid-19 versi asli, terdeteksi di sekitar 100 negara secara global dan kini menjadi varian dominan di seluruh dunia.

"Kita sedang berhadapan dengan varian Covid-19 yang mengerikan," kata Fauci selama pembicaraan melalui telepon.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19