Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Presiden Jokowi Saat Mengikuti KTT Informal APEC

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 12:17 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Informal Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/07/2021). 

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyampaikan bahwa APEC sejauh ini telah menyepakati sejumlah komitmen terkait penanganan pandemi dan percepatan pemulihan ekonomi. 

Dilansir dari setkab.go.id, kesepakatan tersebut antara lain memfasilitasi pergerakan barang esensial di masa pandemi yang dikeluarkan pada tahun 2020.

APEC juga mengeluarkan pernyataan bersama dalam mempercepat WTO Trade Facilitation Agreement untuk mendukung kelancaran rantai pasok vaksin Covid-19 dan barang terkait lainnya.

KTT APEC kali ini juga menghasilkan dokumen Pernyataan Pemimpin Ekonomi APEC, yaitu; Mengatasi Covid-19 dan Mempercepat Pemulihan Ekonomi.

Hal-hal penting dari dokumen tersebut antara lain kerja sama untuk mendorong akses yang berkeadilan yang merata untuk vaksin Covid-19, pentingnya pembukaan lapangan kerja baru dan pemulihan ekonomi inklusif. 

Selain itu, APEC juga mendorong reformasi struktural untuk mendukung adaptasi pekerja dan sektor pelaku bisnis termasuk lewat transformasi digital, serta perdagangan, investasi, dan integrasi ekonomi kawasan untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Sekretariat Kabinet

BERITA LAINNYA



Close Ads x