Kompas TV regional hukum

TNI Tangkap 9 Anggota TPNPB-OPM di Keerom Papua

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 18:58 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

PAPUA, KOMPAS.TV -Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 131/BRS menangkap sembilan anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Kabupaten Keerom, Papua pada Kamis, 15 Juli 2021 malam.

Dari tangan sembilan orang itu aparat mengamankan sejumlah dokumen dan atribut Papua merdeka.

Sembilan anggota TPNPB-OPM ini diamankan oleh Satgas Pamtas RI-PNG ketika melaksanakan patroli rutin di Jalan Trans Papua Pos Pitewi distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua.

Saat itu sembilan anggota TPNPB-OPM ini menumpang angkutan umum bersama sejumlah warga lainnya menuju kampung Skofro. Namun, di depan pos Pitewi kendaraan tersebut dihentikan dan dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan, aparat menemukan kartu tanda pengenal TPNPB-OPM serta sejumlah dokumen dan atribut Papua merdeka, sehingga kesembilan orang langsung diamankan ke pos untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan, kesembilan orang ini mengaku baru pulang dari Papua Nugini usai mengikuti sidang umum TPNPB-OPM di markas Victoria Distrik Bewani, Papua Nugini.

Saat ini kesembilan orang anggota tersebut beserta barang bukti telah diserahkan kepada pihak Polres Keerom untuk proses lebih lanjut.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x