Kompas TV video cerita indonesia

TNI/Polri di Ponorogo Tanam Sayur Hidroponik Untuk Warga Isoman

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 00:25 WIB
Penulis : Herwanto

PONOROGO, KOMPAS.TV - Babinsa dan Bhabinkantibmas Kelurahan Nologaten, Ponorogo bertanam sayuran secara hidroponik. Hasil panennya di masa pandemi ini dibagikan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri.

Anggota Bhabinkantibmas Aipda Agestya Widiatmoko menjelaskan program ini disebut dengan inovasi ketahanan dapur di Kelurahan Nologaten.

"Ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, saat pandemi bisa jadi alternatif hiburan. Bertanam di lahan terbatas," tutur Ages.

Baca Juga: Minta Maaf, Zulhas Pastikan 3 Kader PAN yang Buat Pernyataan Kontroversial Sudah Disentil

Ages mengatakan dengan bertanam hidroponik bisa mencukupi pangan secara mandiri. Tanaman yang ditanam secara hiroponik adalah sayur bayam, pakcoy, sawi, serta ternak ikan lele yang bisa dijadikan lauk.

"Memanfaatkan ember atau media kolam terpal bisa menanam sayur secara hidroponik," terang Ages.

Menurut Ages, untuk media tanam pun hasil dari swadaya masyarakat. Mulai dari botol bekas hingga triplek dan terpal hasil iuran warga.

Baca Juga: Kontraksi Hebat Saat Perjalanan Menuju Jakarta, Seorang Ibu Melahirkan di Dalam Bus

"Ini bahan membuat hidroponik ada sumbangan dari warga, seperti botol bekas, triplek hasil sumbangan warga yang mendukung kegiatan ini," tandas Ages.

Makanya, lanjut Ages, hasil panen pertama baik sayur dan ikan lele diberikan kepada warga yang membutuhkan. Terutama saat ini untuk warga yang melaksanakan isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

"Kita berikan ke warga yang isoman, di Nologaten ada 4 rumah yang sedang isoman, kemarin kami beri sayur dan ikan lele 8 kilogram," imbuh Ages.



TAG : tnipolri

Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x