Kompas TV regional berita daerah

Rentan Terpapar Virus Corona, Puluhan ODGJ Ikuti Vaksinasi Massal

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 00:28 WIB
rentan-terpapar-virus-corona-puluhan-odgj-ikuti-vaksinasi-massal
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Herwanto

 

KEDIRI, KOMPAS.TV - Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kabupaten Kediri menjalani vaksinasi Covid-19 massal. Vaksinasi ini dilakukan karena para ODGJ tersebut merupakan termasuk golongan rentan terpapar Covid-19.

Puluhan ODGJ dari kecamatan Mojo kabupaten Kediri ini, diajak bernyanyi oleh para petugas kesehatan. Mereka dihibur agar tidak stress sebelum menjalani vaksinasi massal.

Indra Basuki, Petugas Kesehatan mengatakan dalam vaksinasi massal kali ini ada 47 orang dengan gangguan jiwa yang menerima penyuntikan vaksin jenis Sinovac. "Mereka menjadi salah satu prioritas penerima vaksin karena termasuk dalam golongan rentan terpapar virus corona. Sebelum menjalani penyuntikan vaksin, para ODGJ tersebut juga mengikuti tahap pemeriksaan kesehatan seperti orang pada umumnya," Ujarnya, Rabu (14/7).

Hanya saja sebelumnya para ODGJ tersebut juga mengikuti pemeriksaan kejiwaan. Untuk memastikan kejiwaan para ODGJ tersebut dalam keadaan baik dan siap menjalani vaksinasi. Selain dilakukan di Puskesmas, petugas kesehatan juga akan melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah. Diharapkan dengan berbagai upaya tersebut, dapat melindungi para ODGJ paparan virus corona.

Sebelumnya dalam penanganan pandemi, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu strategi pemerintah. Tujuannya, agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai, sehingga penularan virus corona yang menjadi penyebab penyakit itu bisa dihambat.

Untuk mencapai kekebalan kelompok itu, vaksinasi Covid-19 semula ditargetkan dapat menjangkau 70 persen penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta jiwa. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melalui laman www.kemkes.go.id pada Selasa (13/7/2021) sore melaporkan jumlah masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama yakni sebanyak 36.395.019 orang.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x