Kompas TV nasional politik

Demokrat: Bu Risma, Papua Bukan Tempat untuk ASN yang Tak Becus

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 08:40 WIB
demokrat-bu-risma-papua-bukan-tempat-untuk-asn-yang-tak-becus
Manteri Sosial baru Tri Rismaharini atau kerap dipanggil Risma. (Sumber: Dok Kementerian Sosial)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wasekjen Partai Demokrat Muhammad Rifai Darus menyesalkan celotehan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang berencana memindahkan para ASN tak becus bekerja ke Papua. 

Seperti diketahui, Risma geram saat mengunjungi dapur umum di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Wyata Guna Bandung, Jawa Barat karena melihat pasokan telur dalam kondisi kekurangan. 

"Papua bukan tempat ASN tak becus. Jangan sampai kalimat ini terucap oleh elit-elit lainnya. Mengapa harus Papua dijadikan lokasi pemindahan para ASN yang berkinerja buruk?" kata Rifai melalui keterangan tertulis yang disampaikan Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada KOMPAS TV, Rabu (14/7/2021). 

Baca Juga: Mensos Risma Marahi Pegawainya Saat Tinjau Dapur Umum di Bandung, Ancam Pindahkan ke Papua!

Menurut dia, letak geografis Papua mungkin memang jauh dari ibu kota negara, tapi bukan berarti masyarakat asal Tanah Cendrawasih itu jauh dari adab dan kecerdasan. 

"Banyak Mutiara lahir dari Papua untuk bangsa ini, mungkin ibu lupa," ujarnya. 

Sebelumnya, Risma mengumpulkan seluruh pegawai Balai Wyata Guna di lapangan. Setelah itu, Risma langsung meluapkan kemarahannya.

"Tolong ya, teman-teman, saat ini kondisinya dan situasinya kritis. Ini Kementerian Sosial jangan misah-misahkan diri. Ini malah tidak ada yang nongol," kata Risma dengan nada tinggi, Selasa, (13/7/2021).

Risma meminta kepada para pegawai Balai Disabilitas Wyata Guna untuk lebih peka membantu di dapur umum, bukan berleha-leha di dalam kantor.

"Rakyat lagi susah sekarang, tenaga-tenaga kesehatan semua susah, tapi semua teman-teman kayak priyayi semua. Maunya duduk tempat dingin, enggak mau susah-susah," ucapnya.

"Ayolah kita peduli, jangan jadi priyayi. Semuanya polisi ada di jalan, semua jaga, teman-teman enak duduk di dalam. Di mana perasaan kalian."

Tak cukup sampai di situ, Risma kemudian mengancam akan memindahkan seluruh PNS Kementerian Sosial yang menjadi pegawai Balai Disabilitas Wyata Guna ke Papua jika masih tidak mau membantu operasional dapur umum.

Baca Juga: Momen Risma Keliling Cari Kompor di Bandung

"Saya tidak mau lihat seperti ini lagi. Kalau seperti ini lagi, saya pindahkan semua ke Papua," ucap Risma.

"Saya enggak bisa pecat orang kalau enggak ada salah, tapi saya bisa pindahkan ke Papua. Jadi tolong yang peka."



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x