Kompas TV nasional kesehatan

Dinilai Memiliki Efikasi Tinggi, Moderna Akan Diberikan Kepada Nakes Untuk Dosis Ketiga

Kompas.tv - 11 Juli 2021, 19:58 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah hari ini (11/7) menerima sebanyak tiga juta dosis vaksin moderna yang merupakan bantuan dari Amerika Serikat. 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut, rencananya vaksin tersebut akan digunakan bagi masyarakat umum untuk dosis pertama dan kedua, serta dosis ketiga bagi tenaga kesehatan.

"Rencananya vaksin ini selain kami gunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus kami gunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia", ungkap Budi saat melakukan konferensi pers (11/7).

Baca Juga: 3 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS Tiba di Indonesia

Ia menekankan, saat ini Indonesia tengah memasuki gelombang kedua penularan pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, vaksin dosis ketiga ini perlu diberikan kepada para tenaga kesehatan yang tengah berjuang di garda terdepan. 

“Karena mereka mengalami tekanan yang luar biasa, terutama di gelombang kedua penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal”, tuturnya.

Budi menyebut, vaksin moderna memiliki efikasi yang tinggi, sehingga diharapkan dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Datangnya vaksin moderna yang merupakan bantuan dari rakyat dan pemerintah Amerika, yang terbukti secara teknis memiliki efikasi yang tinggi, memiliki kemampuan perlindungan yang tinggi, amat sangat membantu para tenaga kesehatan Indonesia untuk menghadapi gelombang kedua pandemi ini”, tambahnya.

Ke depannya, pemerintah Amerika Serikat akan mengirimkan vaksin moderna secara bertahap, sehingga total vaksin yang akan diberikan berjumlah 4,5 juta dosis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x