Kompas TV regional berita daerah

Menko PMK Tinjau Ketersediaan Oksigen di Lampung

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 14:54 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan peninjauan ketersediaan pasokan oksigen di Provinsi Lampung, Kamis (8/7).

Peninjauan dilakukan di dua lokasi perusahaan pengisian dan distributor oksigen  milik perusahaan Lampung Gas dan PT Aneka Gas Industri Lampung.

Dari peninjauanya ini Menko PMK Muhadjir Effendy, mendapatkan laporan bahwa di Provinsi Lampung kebutuhan oksigen sangat meningkat pesat, seiring penambahan pasien covid yang terus meningkat.

"Tadi saya dilapori, biasanya itu hanya 150 ton sebulan. Tapi pada bulan Juni itu sudah 170 ton. Dan sekarang ini baru satu minggu mereka sudah menghabiskan 50 ton. Berarti diperkiraan sampai akhir Juli bisa sampai 200 ton," ujarnya.

Baca Juga: Mengaku Keluarga Pejabat, 3 Pria Minta Tabung Oksigen Secara Paksa Hingga Aniaya Perawat

Dia juga mendapatkan laporan bahwa pengisian dan pendistribusian oksigen di dua perusahaan yang dikunjunginya juga sudah tidak melayani keperluan industri dan hanya memfokuskan untuk keperluan medis.

Setelah melakuka peninjauan pasokan oksigen di dua perusahaan, Menko PMK Muhadjir Effendy kini melakukan peninjauan Samator Gas Oxygen di rumah sakit Abdul Moeloek  Bandar Lampung.

Pada peninjauan yang didampingi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama sejumlah dinas terkait, Menko PMK Muhadjir Effendy meminta gubernur untuk memastikan ketersediaan oksigen bagi pasien mencukupi.

"Saya sudah lapor ke Pak Gubernur supaya dicari jalan keluar. Jangan sampai kebutuhan oksigen baik untuk rumah sakit maupun masyarakat terutama yang sedang melakukan isolasi mandiri tidak bisa terpenuhi. Karena oksigen ini adaalah kebutuhan vital terutama bagi mereka yang sekarang menderita Covid-19," jelasnya.

Baca Juga: Lagi! Warga Minta Paksa Tabung Oksigen di Puskesmas

Menanggapi hal itu gubernur lampung arinal djunaidi menyebut pihaknya sudah menyiapkan solusi guna memenuhi kebutuhan pasokan oksigen di setiap rumah sakit di Lampung, ia sudah meminta dinas kesehatan menginventarisir kebutuhan oksigen di semua rumah sakit yang ada.

"Solusinya Insya Allah akan terpenuhi sesuai kebutuhan. Karena saya minta kepada kepala dinas kesehatan untuk menginventarisir semua RS sekarang ini yang ada baik rujukan maupun yang tidak untuk segera menginventarisir berapa kebutuhannya,” ujar Arinal.

#menkopmk #oksigen #covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x