Kompas TV bisnis bumn

PLN Jamin Pasokan Listrik ke Produsen Oksigen Lancar

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 09:32 WIB
pln-jamin-pasokan-listrik-ke-produsen-oksigen-lancar
Petugas PLN memeriksa kondisi kelistrikan gardu. (Sumber: Kompastv/Ant/HO-PLN)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

BEKASI, KOMPAS.TV - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,  memastikan keandalan pasokan listrik perusahaan produsen oksigen bagi pasien Covid-19 di wilayahnya.

Manajer PLN UP3 Cikarang Ahmad Syauki mengatakan, PLN akan mengerahkan semua kekuatan dan daya agar pasokan listrik bagi pelanggan termasuk PT Aneka Gas Industri berjalan dengan baik.

"Kami tingkatkan keandalan listrik PLN dan produksi listrik Aneka Gas meningkat dari waktu ke waktu. Kami terus berkomitmen untuk dapat menyuplai listrik dengan baik, andal, serta kualitas yang memadai," kata Syauki usai mengunjungi PT Aneka Gas Industri di Kecamatan Cibitung, Kamis (8/7/2021), seperti dikutip dari ANTARA.

Menurutnya, oksigen menjadi salah satu kebutuhan utama untuk merawat pasien Covid-19 khususnya saat terjadi lonjakan kasus seperti saat ini. Kondisi itu menyebabkan permintaan oksigen meningkat, bukan hanya bagi rumah sakit melainkan juga masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: PLN Pastikan Pasokan Listrik Selama PPKM Darurat Tetap Aman

"Untuk itu, ketersediaan dan pasokan oksigen sangat diperlukan. Maka itu kami mendukung penuh dan memastikan keandalan pasokan listrik bagi perusahaan produsen oksigen," katanya.

Lebih lanjut, Syauki menyampaikan, di Pulau Jawa bagian barat, PLN bergerak cepat dengan menyiagakan 5.388 personel untuk memastikan keandalan pasokan listrik di rumah sakit rujukan Covid-19 dan industri oksigen yang berada di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Personel yang disiagakan tersebut bertugas memastikan keandalan pasokan listrik bagi 142 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jawa Barat, dan 30 rumah sakit rujukan di Banten. Selain itu, tim PLN juga mendukung produktivitas sembilan pabrik produsen oksigen yang ada di Jawa Barat dan lima pabrik di Banten.

Sementara Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan. untuk menghindari kelangkaan pasokan gas medis, PLN harus memastikan pasokan listrik yang diperlukan oleh produsen gas dapat terpenuhi.

"Saya ingin sampaikan komitmen suplai listrik ke PT Aneka Gas Industri akan berjalan dengan baik. Kami butuh kolaborasi dan komunikasi supaya komitmen kami untuk menyediakan listrik secara andal dan berkesinambungan," kata Zulkifli.

Direktur Umum dan Pengembangan PT Aneka Gas Industri Tbk Agus Purnomo mengapresiasi dukungan dan kerja sama PLN. Agus mengaku sejak awal Samator konsentrasi penyaluran kebutuhan rumah sakit.

"Dengan produksi maksimal 600 ton per hari masih kurang, karena kebutuhan rumah sakit saat ini 800 ton per hari. Padahal kebutuhan untuk industri hanya melayani industri makanan sebesar lima persen, 95 persen ternyata masih belum cukup. Oleh karena itu kami berharap keandalan pasokan listrik PLN mampu mendukung produktivitas kami," katanya.

Baca Juga: PLN Jawa Barat Prioritaskan Pasokan Listrik untuk RS Rujukan Covid-19

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x