Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua DPR Desak Pemerintah Gelar Vaksinasi Dekat Permukiman Masyarakat

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 15:34 WIB
wakil-ketua-dpr-desak-pemerintah-gelar-vaksinasi-dekat-permukiman-masyarakat
Layanan vaksinasi Covid-19 yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (Sumber: dok. PT Kereta Api Indonesia)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto


JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta pemerintah untuk menggelar vaksinasi mendekati area permukiman masyarakat. Sebab meski sentra-sentra vaksinasi dibuka, namun masyarakat cenderung tidak berani mendatangi tempat tersebut.

"Satu sisi pemerintah ingin percepatan vaksinasi, tapi di sisi lain kita juga paham masyarakat banyak yang enggan ke luar rumah," kata Muhaimin di Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Pria yang karib disapa Cak Imin itu menyatakan, pihaknaya akan mendukung langkah akselerasi pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia agar target keseluruhan dapat terselesaikan sebelum akhir tahun ini.

Baca Juga: Meski Tak Diakui Singapura, Ahli Imbau Masyarakat Tak Ragu Pakai Vaksin Sinovac

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut divaksin dan tetap mendatangi sentra-sentra vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes). 

"Saya minta sentra vaksinasi ditambah. Jangan cuma di wilayah perkotaan, mentok-mentok di kecamatan. Coba dibikin juga sampai tingkat desa sampai RT. Semakin dekat dengan warga semakin baik," kata dia. 

Proses vaksinasi juga terus berlangsung dan dilakukan secara bertahap. Hingga 7 Juli 2021, tercatat 34.039.797 orang telah divaksin pada gelombang vaksinasi pertama. 

Sedangkan pada vaksinasi kedua, sudah ada 14.443.813 orang telah divaksin. Pemerintah tekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari apalagi di masa pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Petugas Periksa Surat Vaksin dan Bebas Covid-19 Wisatawan Asing yang Hendak ke Pulau Jawa

Karena ini menjadi salah satu kunci untuk menekan peningkatan jumlah kasus positif Corona. Dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan diharapkan mampu mencegah penularan virus Corona.
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x