Kompas TV regional viral

Ini Duduk Perkara Keributan Paspampres dengan Petugas PPKM versi Mayjen Agus Subiyanto

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 15:05 WIB
ini-duduk-perkara-keributan-paspampres-dengan-petugas-ppkm-versi-mayjen-agus-subiyanto
Tangkapan layar video puluhan anggota Paspampres mendatangi Polres Metro Jakbar mencari oknum polisi yang dinilai berbuat arogan kepada Praka Izroi. (Sumber: Instagram/@infokomando)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komandan Paspampres (Danpaspampres) Mayjen TNI, Agus Subiyanto mengatakan keributan anggota Paspampres dengan petugas kepolisian di Daan Mogot, Jakarta Barat, adalah kesalah pahaman soal aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dari itu, Mayjen Agus, mengatakan perlu ada sosialisasi lebih terang soal aturan penyekatan PPKM Darurat. Kata dia, masih ada beberapa hal yang mengakibatkan masih ada masalah di lapangan.

Salah satunya, lanjut dia, petugas lapangan belum paham benar aturannya. "Aturan PPKM darurat belum dipahami petugas di lapangan tentang sektor esensial, non-esensial, kritikal," kata Mayjen Agus kepada wartawan, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga: Puluhan Paspampres Geruduk Polres Jakbar Cari Oknum Polisi yang Dinilai Arogan pada Praka Izroi

Dia mengutip Inmendagri 15/2021 bahwa pekerja di bidang esensial dan kritikal boleh melewati penyekatan PPKM darurat. Adanya petugas yang tak paham berimbas pada miskomunikasi di lapangan.

Apabila aturan tidak dipahami petugas, tambahnya, maka akan terjadi miskomunikasi antara petugas dan warga yang bekerja di sektor yang dibolehkan selama PPKM darurat.

Soal keributan Paspampres dengan petugas PPKM Darurat itu, Mayjen Agus menjelaskan 75 persen anggota Paspampres tinggal di luar asrama.

Tempat tinggal mereka tersebar di wilayah Jabodetabek. "Setiap hari pulang pergi berdinas dan akan melewati titik 2 penyekatan," kata Mayjen Agus.

Baca Juga: Puluhan Paspampres Geruduk Polres Jakbar Cari Oknum Polisi yang Dinilai Arogan pada Praka Izroi

Sebelumnya, sebuah video beredar di media sosial menampilkan keributan seorang anggota Paspampres dengan petugas PPKM darurat di penyekatan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (7/7/2021) di pos penyekatan Daan Mogot, Jakbar, dan viral di media sosial.

Saat itu anggota Paspampres Praka IG diamankan sejumlah petugas.

"Kalau kamu Paspampres, kenapa memang?" ujar seorang polisi seperti dilihat dalam video yang beredar.

"Iya, saya salah," ujar Praka IG.

Kemudian sejumlah anggota TNI yang bertugas di penyekatan memeriksa Praka IG.

"KTA-mu mana?" tanya anggota TNI.

Baca Juga: Momen Jokowi dan Ibu Iriana Salat Id, Dipimpin Anggota Paspampres



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x