Kompas TV nasional update corona

Layanan Gratis Vaksinasi Covid-19 di Stasiun Kereta Api Diperluas, Ini Daftar dan Syaratnya

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 06:39 WIB
layanan-gratis-vaksinasi-covid-19-di-stasiun-kereta-api-diperluas-ini-daftar-dan-syaratnya
Layanan vaksinasi Covid-19 yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (Sumber: dok. PT Kereta Api Indonesia)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api memperluas layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi penumpang di 13 stasiun di Pulau Jawa.

Vice Presiden  Public Relations PT KAI Joni Martinus, menginformasikan ke-13 stasiun yang memberikan layanan gratis itu yakni:

  1. Gambir
  2. Pasar Senen
  3. Bandung
  4. Cirebon
  5. Semarang Tawang
  6. Purwokerto
  7. Yogyakarta
  8. Solo Balapan
  9. Madiun
  10. Jember
  11. Malang
  12. Surabaya Gubeng
  13. Surabaya Pasarturi

Baca Juga: Penumpang KAI Jarak Jauh Bisa Nikmati Vaksinasi Gratis di Stasiun Bandung

Aturan dalam implementasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang berlangsung 3-20 Juli 2021 mewajibkan seseorang menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 ketika bepergian.

Bagi penumpang yang menggunakan kereta api wajib menunjukkan sertifikat minimal dosis pertama vaksin Covid-19 dan hasil tes menggunakan RT-PCR atau Swab Antigen.

Berikut beberapa syarat untuk mendapatkan layanan vaksinasi gratis dari PT KAI.

  1. Berusia 18 tahun atau lebih (penumpang KA Jarak Jauh usia di bawah 18 tahun tidak wajib menunjukkan sertifikat vaksin);
  2. Menunjukman kode booking tiket yang sudah dilunasi atau tiket perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang masih berlaku;
  3. Menunjukkan KTP;
  4. Datang H-1 jadwal keberangkatan kereta;
  5. Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

PT KAI akan memperluas layanan vaksinasi gratis ini ke depannya. Diharapkan layanan ini bisa hadir di banyak stasiun untuk mendukung program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

Baca Juga: Anies Baswedan Kerahkan 16 Mobil Vaksinasi Keliling, Kejar Target 8,8 Juta Warga

"Ke depan KAI akan secara bertahap menambah stasiun yang menyediakan layanan tersebut agar dapat melayani lebih banyak masyarakat yang akan divaksin Covid-19," jelas Joni.

Hingga Selasa (06/07/2021), penerima vaksin di stasiun yang membuka layanan ini mencapai 1.681 orang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x