Kompas TV nasional sosial

Soal TKA, Menko Marinves: Tak Ada Yang Aneh, Jangan Asal Ngomong

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 23:54 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, PPKM Darurat, publik dikejutkan dengan viralnya foto-foto 20 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok di media sosial.

Pihak imigrasi menyatakan mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada 25 Juni lalu untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Makassar.

Setibanya di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke-20 TKA asal Tiongkok ini langsung menjalani tes swab.

Kantor Imigrasi Kelas Satu Makassar menjelaskan 20 tenaga kerja asal Tiongkok ini akan bekerja di perusahaan Smelster di Bantaeng.

Pemerintah mengklaim ke-20 TKA asal Tiongkok itu telah memenuhi persyaratan masuknya orang asing ke Indonesia.

Berdasarkan data yang tercatat di Kementerian Tenaga Kerja selama Januari hingga Mei 2021 sudah ada hampir 16 ribu TKA yang masuk ke Indonesia. 

Delapan ribu tujuh ratus di antaranya TKA asal Tiongkok.

Menyikapi masuknya TKA Tiongkok ke Indonesia saat PPKM Darurat, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah semestinya bersikap konsisten dalam penerapan pembatasan mobilitas masyarakat termasuk menutup sementara kedatangan orang asing ke Indonesia.

"Ketegasan diperlukan dalam perlakuan kepada tenaga kerja asing yang masuk. Jika bisa, selama penanganan pandemi ini, masuknya TKA dihentikan dulu, apalagi dari negara-negara yang tinggi kasus covid-19nya." tutur Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu seperti dikutip kompas.com.

Masuknya sejumlah TKA asal Tiongkok saat PPKM Darurat ke Indonesia diklaim pemerintah sudah sesuai dengan peraturan presiden, yakni karena bekerja di proyek strategis nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x