Kompas TV internasional kompas dunia

Atlet Dayung Serbia yang Tiba di Olimpiade Tokyo Terbukti Positif Covid-19

Kompas.tv - 4 Juli 2021, 21:00 WIB
atlet-dayung-serbia-yang-tiba-di-olimpiade-tokyo-terbukti-positif-covid-19
Seorang lelaki yang mengenakan masker tampak melintas di ruang Pusat Pers Utama untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, Jumat (2/7/2021). (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

TOKYO, KOMPAS.TV - Seorang anggota tim dayung Olimpiade dari Serbia terbukti positif Covid-19 saat mencoba masuk ke Jepang untuk Olimpiade Tokyo yang akan dibuka kurang dari tiga pekan mendatang.

Kabar itu dilaporkan pada Minggu (4/7/2021) oleh kantor berita Jepang Kyodo dan dikutip oleh para pejabat kementerian kesehatan Jepang.

Sang atlet Serbia lalu diisolasi di Bandara Haneda Tokyo. Empat orang yang bepergian bersama sang atlet dilaporkan ditransfer ke sebuah fasilitas dekat bandara.

Melansir Associated Press, mereka semula dijadwalkan bertolak menuju kamp pelatihan di Nanto di Jepang tengah. Para pejabat Nanto mengatakan, kamp pelatihan itu tampaknya akan dibatalkan.

Baca Juga: Kaisar Jepang Khawatir Penyebaran Covid-19 Selama Olimpiade 2020 Tokyo Digelar

Laporan tentang anggota tim dayung Serbia yang positif Covid-19 itu menyusul laporan serupa atas dua anggota delegasi Olimpiade dari Uganda bulan lalu saat tiba di Jepang.

Seorang di antaranya terbukti positif di bandara Narita dekat Tokyo, dan aggota tim yang lain diizinkan pergi ke lokasi pelatihan. Seorang anggota delegasi kemudian juga terbukti terjangkit virus corona.

Seiko Hashimoto, presiden panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo mengatakan pada Jumat (2/7/2021), lebih dari 500 peserta telah tiba di Tokyo tanpa insiden. Sekitar 11.000 atlet Olimpiade dan 4.400 atlet Paralimpiade akan tiba pada Olimpiade, plus puluhan ribu pelatih, juri dan para pejabat Olimpiade.

Banyak yang khawatir bahwa arus masuk peserta Olimpiade akan meningkatkan kasus Covid-19 di seluruh penjuru Jepang.

Baca Juga: Pejabat Senior Olimpiade Jepang Tewas di Jalur Kereta Bawah Tanah, Diduga Bunuh Diri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x