Kompas TV internasional kompas dunia

Pejabat Senior Olimpiade Jepang Tewas di Jalur Kereta Bawah Tanah, Diduga Bunuh Diri

Selasa, 8 Juni 2021 | 11:17 WIB
pejabat-senior-olimpiade-jepang-tewas-di-jalur-kereta-bawah-tanah-diduga-bunuh-diri
Kereta Bawah Tanah di Jepang (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pejabat senior olimpiade Jepang (JOC) Moriya Yasushi (52) tewas di jalur kereta bawah tanah Stasiun Nakanobu, Senin (7/6/2021). 

Stasiun televisi Nippon Television menyebutkan,  korban yang bekerja yang di departemen akuntansi JOC disebut melompat ke depan kereta bawah tanah yang sedang melaju kencang. Pihak kepolisian juga menduga korban  bunuh diri. 

Kasus bunuh diri yang dikaitkan dengan penyelenggaraan Olimpiade bukan yang pertama di Jepang. Sebelumnya,  pekerja konstruksi stadium Olimpik Tokyo bunuh diri karena tekanan batas waktu penyelesaian bangunan untuk Olimpiade yang semula diselenggarakan 2020 tersebut. 

Hiroshi Kawahito, kuasa hukum pekerja yang tak disebutkan namanya tersebut menyebut kliennya  harus berkerja lembur selama 200 jam  sebulan sejak ia mulai bergabung pada Desember lalu.

Orang tua si buruh kemudian mengajukan tuntutan ganti rugi dan meminta pemerintah menyatakan kematian anak mereka sebagai akibat dari "karoshi" atau  kematian akibat kelebihan beban kerja. 

Baca Juga: Mobil Terbang Ini akan Tampil di Olimpiade Jepang 2020

Demi mengejar tenggat, pemerintah Jepang memang mempercepat pengerjaan proyek pembangunan fasilitas Olimpiade 2020 setelah  penggunaan dana 2 milyar dolar AS telah menimbulkan kemarahan publik. 

Dan kini setelah diundur setahun, penyelenggaran Olimpiade masih menyisakan keraguan di tengah masyarakat Jepang. Sebagian meminta agar ditunda lagi bahkan dihentikan sama sekali karena pandemi yang belum berhenti.


Perusahaan e-commerce terkenal di Jepang,  Rakuten,  menyebut bahwa negaranya tengah menjalankan bunuh diri dengan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Direktur  Rakuten Hiroshi Mikitani menjadi salah satu pemimpin perusahaan  yang menunjukkan kehawatirannya, bila  negaranya menggelar ajang olah raga empat tahunan itu karena  pandemi Covid-19 masih mendera Jepang.

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

ACT Bagi Bantuan di Degayu, Apa saja ?

Senin, 20 September 2021 | 10:09 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19