Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden AS Joe Biden Katakan Pasukannya Masih Tetap di Afghanistan Beberapa Hari ke Depan

Kompas.tv - 4 Juli 2021, 01:05 WIB
presiden-as-joe-biden-katakan-pasukannya-masih-tetap-di-afghanistan-beberapa-hari-ke-depan
Presiden AS Joe Biden berbicara kepada media sebelum meninggalkan Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat, pada 29 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/Ting Shen)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat (02/07/2021) mengatakan penarikan pasukan di Afghanistan "sesuai dengan rencana," tetapi mereka tidak akan meninggalkan negara tersebut dalam beberapa hari ke depan.

Saat ditanya oleh reporter di Gedung Putih apakah AS akan menyelesaikan penarikan pasukan dalam beberapa hari ke depan, Biden menjawab, "Tidak, kita berada di jalur yang tepat seperti yang diharapkan."

Seperti dilansir Xinhua, Sabtu, (03/07/2021) Biden mengatakan, "Saya ingin memastikan ada cukup ruang untuk bergerak, sehingga kita ... tidak akan dapat melakukan semuanya sampai September," tambahnya.

"Masih akan ada beberapa pasukan yang tersisa, tetapi ini adalah penarikan yang rasional dengan sekutu kita ... tidak ada yang aneh tentang hal ini."

Presiden AS Joe Biden mengatakan militer Afghanistan perlu mengandalkan kemampuannya sendiri untuk memastikan keamanan ibu kota, Kabul, karena seluruh pasukan AS dan NATO di Afghanistan telah mengevakuasi Pangkalan Udara Bagram dekat Kabul, menyerahkan pangkalan koalisi terbesar itu kepada pasukan pemerintah Afghanistan.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki kemudian mengatakan kepada awak media dalam sebuah taklimat harian bahwa penarikan pasukan diharapkan selesai pada akhir Agustus.

Baca Juga: Penarikan Tentara AS dari Afghanistan Tak Terkoordinasi, Puluhan Penjarah Serbu Pangkalan Bagram

Anggota pasukan keamanan Afghanistan menjalankan operasi pembersihan terhadap militan Taliban di Provinsi Jawzjan, Afghanistan, pada 5 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/Sayed Mominzadah)

April lalu, Biden memerintahkan seluruh pasukan AS untuk meninggalkan Afghanistan sebelum 11 September, peringatan 20 tahun serangan teroris yang membawa AS ke dalam perang terpanjangnya.

Situasi keamanan di negara yang tercabik perang itu memburuk seiring militan Taliban melanjutkan pertempuran sengit melawan pasukan pemerintah dan memperoleh kemenangan sejak penarikan pasukan AS pada 1 Mei.

"Saya pikir mereka memiliki kapasitas untuk menopang pemerintah," kata Biden pada Jumat.

"Namun, saya khawatir mereka berurusan dengan masalah internal yang mereka miliki untuk dapat menghasilkan jenis dukungan yang mereka butuhkan secara nasional guna mempertahankan pemerintahan."

Dia juga mengatakan militer Afghanistan perlu mengandalkan kemampuannya sendiri guna memastikan keamanan ibu kota, Kabul.

Hal tersebut dilontarkan Biden ketika pasukan AS telah meninggalkan pangkalan militer utama di Afghanistan.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan sebelumnya pada hari itu mengonfirmasi bahwa seluruh pasukan AS dan NATO di Afghanistan telah mengevakuasi Pangkalan Udara Bagram dekat Kabul, menyerahkan pangkalan koalisi terbesar itu kepada pasukan pemerintah Afghanistan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x