Kompas TV nasional update

Sekolah-Sekolah yang Jadi Saksi Pengabdian Rachmawati Soekarnoputri di Dunia Pendidikan

Kompas.tv - 3 Juli 2021, 17:16 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar duka datang dari Rachmawati Soekarnoputri, putri presiden Pertama RI meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Rachmawati mengembuskan napas terakhir pada usia 70 tahun akibat terpapar Covid-19.

Rachmawati memiliki nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno.

Rachmawati lahir di Jakarta, 27 September 1950, dan menjalani masa pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah di Jakarta.

Ia merupakan anak ketiga dari 5 bersaudara pasangan Soekarno dan Fatmawati.

Pada April 2015, Rachmawati dilantik menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Ideologi Partai Gerindra, jabatan itu masih ia emban hingga saat ini.

Selain menjadi politisi di Partai Gerindra, Rachmawati juga aktif sebagai Ketua Gerakan Pemuda Marhaen, pendiri Yayasan Bung Karno yang kini bernama Universitas Bung Karno, dan Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno.

Selain mendirikan Universitas Bung Karno, Rachmawati melalui Yayasan Pendidikan Soekarno juga mendirikan sekolah-sekolah di berbagai daerah.

Beberapa diantaranya SMA Nasional di Klaten, Semarang dan Boyolali, TK Rachmawati di Boyolali, dan TK Sarinah di Jakarta, Cibubur, juga Klaten.

Ia merupakan anak bapak proklamator yang banyak mengabdikan diri di bidang pendidikan, karena mimpinya untuk melestarikan ide sang ayah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x