Kompas TV regional kesehatan

Jabar Hentikan Proyek Infrastruktur Rp140 M, Ridwan Kamil: Dana Dialihkan untuk Tangani Covid-19

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 10:59 WIB
jabar-hentikan-proyek-infrastruktur-rp140-m-ridwan-kamil-dana-dialihkan-untuk-tangani-covid-19
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). (Sumber: Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memutuskan untuk menghentikan pembangunan 11 proyek infrastruktur bernilai Rp140 miliar.

Langkah itu diambil menyusul dengan adanya keputusan pemerintah pusat untuk memberlakukan PPKM Darurat mulai besok, Sabtu (3/7/2021). 

"PPKM Darurat ini banyak dinamika-dinamika luar biasa, akhirnya beberapa hari lalu saya meminta tim untuk menyisir ulang jika ada proyek-proyek yang belum dilelang proyek yang bisa ditunda tahun depan, dikurangi volume-nya, maka ditemukan 11 proyek akan melambat," kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Kamis (1/7/2021). 

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku anggaran pembangunan 11 proyek infrastruktur sebesar Rp140 miliar akan dialihkan untuk penanganan Covid-19 di Jabar.

"Akan kami geser dana 11 proyek infrastruktur ini senilai Rp140 miliar untuk diperbantukan kepada kedaruratan di Covid-19," tegas dia. 

Menurut penjelasannya, dana tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dan suplemen bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Baca Juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Ridwan Kamil Sampaikan Permohonan Maaf ke Warga Jabar

Kang Emil menuturkan banyak pasien Covid-19 yang menjalani isoman kesulitan mendapatkan obat-obatan dan suplemen untuk mempercepat pemulihan dan mencegah kegawatan. 

"Sistem pelaporan mereka yang isoman akan dibuka di Pikobar. Setelah itu, kita akan mengirimkan bantuan obat dan suplemen gratis. Dananya kami ambil dari pemberhentian 11 proyek infrastruktur," jelas Kang Emil. 

Dia menegaskan saat ini kondisi Covid-19 di Jawa Barat belum terkendali dan dibutuhkan dana untuk penangannnya, 

Pemberhentian proyek infrastruktur menjadi konsekuensi karena keselamatan nyawa masyarakat yang utama. 

"Itu konsekuensi karena keselamatan nyawa adalah prinsip yang utama harus didahulukan," tegas Kang Emil.

Dia berharap keputusan tersbut dapat membantu penanganan Covid-19 yang sedang dilaksanakan di Jabar.

Baca Juga: Varian Delta Sudah Ditemukan di 9 Daerah Jabar, Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Perkuat Prokes



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x