Kompas TV nasional peristiwa

Ular Sanca 4 Meter Mangsa Ikan Peliharaan Warga Cijantung, 5 Petugas Gulkarmat Turun Tangan

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 09:40 WIB
ular-sanca-4-meter-mangsa-ikan-peliharaan-warga-cijantung-5-petugas-gulkarmat-turun-tangan
Petugas Gulkarmat Jakarta Timur mengevakuasi ular sanca sepanjang empat meter di rumah warga di jalan Masalembo, Cijantung. Kamis (1/7/2021). (Sumber: Dok. Gulkarmat Jakarta Timur)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ular Sanca sepanjang empat meter memangsa ikan peliharaan Warga Cijantung, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Ular Sanca berdiameter sekitar 30 centimeter ini pertama kali ditemukan Rianto, warga Jalan Masalembo, Cijantung.

Kala itu, sekitar pukul 22.20 WIB, Kamis (1/7/2021) Rianto kaget melihat jenis ular pembelit itu sedang memakan ikan di kolam di belakang rumahnya.

Baca Juga: Dramatis! Ular Sanca 6 Meter Ditangkap, Sempat Ngamuk dan Melarikan Diri

Ia pun langsung menghubungi petugas Gulkarmat Jakarta Timur untuk mengevakuasi ular sanca tersebut.

Sebanyak lima anggota Gulkarmat (Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan) Jakarta Timur dikerahkan untuk  mengevakuasi ular sanca. Saat petugas tiba, ular masih tetap berada di kolam.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menjelaskan saat proses evakuasi, ular melakukan perlawanan dengan membelitkan tubuhnya ke petugas. Menurut Gatot, penangkapan ular sanca ini memakan waktu sekitar 20 menit.

"Anggota menggunakan perkakas perlengkapan evakuasi untuk mengangkat ular sanca dari kolam. Saat proses evakuasi ular sempat melawan, tapi tidak sampai melukai anggota dan berhasil ditangani," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga: Petugas Damkar Evakuasi Ular Sanca 4 Meter dari Plafon Rumah Warga di Kebon Pala

Gatot menambahkan ular sanca yang diamankan dibawa ke Kantor Sektor Pemadam Kecamatan Pasar Rebo untuk selanjutnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) atau pecinta reptil.

"Untuk ularnya sementara diamankan di kantor Sektor Kecamatan Pasar Rebo dulu. Jadi kita memastikan ularnya tidak lagi berkeliaran di permukiman dan meresahkan warga," ujar Gatot.

Kasus munculnya ular sanca di tengah pemukiman warga di kawasan Jakarta Timur bukan pertama kali.

Baca Juga: Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Ditemukan di Permukiman, Diduga Kerap Makan Ternak Warga

Sebelumnya Gulkarmat Jakarta Timur mengevakuasi ular sanca sanca kembang ukuran 3,5 meter yang berada di pelafon warga di Jalan RA Fadillah, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Senin (28/6/2021).

Pada Rabu, 16 Juni 2021, seekor Ular Sanca menjalar di kabel listrik di jalan Raya Centex RT. 005/02, Ciracas. Ular sepanjang 2 meter tersebut pertama kali dilihat oleh warga sekitar, karena takut membahayakan maka warga melaporkan kejadian tersebut ke Damkar Jakarta Timur.

Kemudian pada Minggu, 13 Juni 2021 petugas Gulkarmat Jakarta Timur mengevakuasi seekor Ular Sanca dengan berukuran besar berada di saluran air kamar mandi warga kawasan Jalan Bambu Kuning Raya, Pondok Bambu.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x