Kompas TV regional update corona

Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Penjualan Oksigen di Sejumlah Daerah Meningkat

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 18:31 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Pasien covid-19 terus bertambah, kebutuhan akan oksigen pun meningkat. Begitu pun penjualan isi ulang oksigen di beberapa daerah. 

Bahkan sebuah toko peralatan kesehatan mengaku kewalahan dengan banyaknya permintaan tabung oksigen dari masyarakat yang menggunakan secara pribadi.

Tabung oksigen seakan menjadi idola!

Tak hanya rumah sakit, masyarakat pun berlomba untuk mendapatkan tabung oksigen yang akan dipakai untuk anggota keluarga yang dirawat di rumah.

Di Jakarta petugas Dishub Unit Pademangan mengantre di sentra pengisian tabung oksigen untuk mengisi ulang puluhan tabung oksigen milik RSUD Pademangan.

Dalam 3 hari terakhir, Dinas Perhubungan DKI diperbantukan untuk mendistribusikan tabung oksigen ke rumah sakit ataupun puskesmas di Jakarta.

Setiap hari mobil Dishub ini bisa 2 hingga 3 kali perjalanan bolak balik untuk mengisi tabung oksigen.

Pihak rumah sakit menyebut, meningkatnya jumlah pasien covid-19 membuat kebutuhan oksigen naik 75 persen jika dibandingkan pada masa sebelum pandemi.

Meningkatnya permintaan isi ulang tabung oksigen terlihat di salah satu toko peralatan kesehatan di Jalan Veteran, Purwakarta, Jawa Barat.

Pengisian bisa mencapai 80 hingga 100 tabung ukuran kecil, jumlah ini meningkat dua kali lipat di banding waktu normal.

Ketersediaan oksigen bagi pasien covid-19 di RSUD Djojonegoro Temanggung, Jawa Tengah sejak Rabu (30/06/21) petang kemarin mulai mengkhawatirkan.

Padahal sebagian besar pasien positif covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit memerlukan oksigen tambahan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x