Kompas TV regional hukum

Polda DIY Tahan 9 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Juni

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 19:52 WIB
polda-diy-tahan-9-tersangka-penyalahgunaan-narkoba-di-bulan-juni
foto ilustrasi penyalahgunaan narkoba. (Sumber: -)
Penulis : Herwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ditresnarkoba Polda DIY kembali mengungkap penyalahgunaan narkoba, dalam kurun waktu semester pertama tahun ini setidaknya ada 604,66 gram tembakau Gorila, 263,31 gram jenis sabu, 610,71 gram Ganja, 1.340 butir Psikotropika gol IV, dan 35 ribu pil Trihexylpenidyl telah diamankan oleh petugas.

Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengungkapkan, pada bulan Juni ini ada tujuh kasus penyalahgunaan Narkotika yang menonjol dengan menahan sembilan tersangka.

"Dari tujuh ungkap kasus tersebut dua diantaranya berasal dari perkembangan kasus sebelumnya," ungkapnya, Rabu (30/6/2021).

Ungkap kasus pertama, petugas menangkap tiga tersangka yakni ST, IJN dan BM. Ketiga tersangka ini ditahan karena berencana ingin mengedarkan tembakau sintetis. ST dan IJN ditangkap saat hendak mengirimkan paket di tempat Jasa Pengiriman. Sedangkan tersangka BM adalah merupakan rekan ST dan IJN yang juga sebagai pengedar Tembakau Sintetis yang berdomisili di Purwokerto Jawa Tengah.

"Dari ketiga tersangka ini (ST, IJN dan BM) petugas menyita tembakau sintetis seberat 252,69 gram," jelasnya.

Pada ungkap kasus yang kedua, Kabidhumas kembali menjabarkan petugas meringkus seorang pengedar sekaligus pengguna pil Trihexyilpenidyl berinisial  RJ warga Berbah Sleman. Dari tangan tersangka, petugas menyita 5.367 pil Trihexyilpenidyl dan 19 butir Alprazolam.

Ungkap kasus yang ke-3, Ditresnarkoba meringkus seorang kurir shabu berinisial NAP alias Ayonx warga Umbulharjo Yogyakarta. Dari tangan tersangka, petugas menyita 24,73 gram shabu yang siap edar. 

"Ayonx ini modus operandinya sebagai kurir yang bertugas menerima paket, kemudian dipecah menjadi beberapa paket kemasan. Setelah paket itu siap, dirinya menunggu perintah dari orang di atasnya untuk mengirimkan paket tersebut. Orang di atasnya ini sedang diburu oleh petugas," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x