Kompas TV regional berita daerah

Berbelanja Sambil Wisata Di Mal Tanaman Hias

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 18:11 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BATU, KOMPAS.TV - Jika mal pada umumnya menyediakan kebutuhan sandang dan pangan, namun sebuah mal di Kota Batu, Jawa Timur, justru menyediakan tanaman hias.  Di mal ini, pembeli juga bisa berkonsultasi langsung dengan petani tanaman hias.

Mal bunga ini terletak di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur. Mal ini berdiri di tanah seluas 5 hektar. Di mal bunga ini, terdapat puluhan stan terbuka yang menjual ribuan jenis tanaman hias bunga maupun buah-buahan.

Mal bunga dikelola langsung oleh para petani Desa Sidomulyo. Ada 6000 petani bunga yang terlibat di mal ini.

Awalnya mal bunga merupakan desa bunga yang seluruh warganya adalah petani sayuran dan buah-buahan. Namun sejak tahun 1970, para petani beralih menanam tanaman hias.

Kini, desa ini menjadi jujukan wisatawan. Banyak pengunjung datang untuk membeli bunga dan tanaman hias. Bahkan, banyak pengunjung yang datang untuk sekedar menghilangkan penat, karena pemandangannya asri dengan latar Pegunungan Panderman.

Menurut Dwi Lili Indayani, Ketua Bumdes Sidomulyo, ide mendirikan mal bunga muncul saat penjualan bunga dan tanaman hias menurun karena pandemi. Warga kemudian berinovasi membuat mal bunga dengan sistem one stop shopping.

Baca Juga: Bunga Syngonium Berbentuk Hati Kaya Warna Jadi Buruan Warga

Yuyun, salah satu pengunjung mal bunga menuturkan, selain menyediakan koleksi tanaman hias yang lengkap, pembeli juga dapat bertanya langsung pengetahuan tentang budidaya tanaman hias kepada para petani. Hal ini tentu sangat membantu para pembeli yang masih awam dalam budidaya tanaman hias.

Baca Juga: Percantik Tanaman Hias Dengan Kokedama Sabut Kelapa

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi, pihak mal menerapkan pembayaran non tunai. Cukup dengan scan barcode atau QR code, wisatawan bisa melakukan pembayaran disetiap stand tanaman hias.

 

#MalBunga #MalTanamanHias #AgroWisata



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x