Kompas TV regional berita daerah

Bunga Syngonium Berbentuk Hati Kaya Warna Jadi Buruan Warga

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 11:43 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang pembudidaya tanaman hias di Jember Jawa Timur berhasil mengembangkan bunga syngonium dengan daun berbentuk hati dan berwarna khas. Tanaman yang dulunya tak terawat, kini menjadi buruan kolektor bunga dengan harga jutaan rupiah.

Adalah Dewi Purnama Sari, warga Desa Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, yang sukses budidaya bunga syngonium. Tanaman itu memiliki daun berbentuk hati dengan aneka warna yang khas, sehingga menjadi buruan penghobi tanaman hias.

Baca Juga: Kampung Tanaman Hias Tingkatkan Perekonomian Warga

Tanaman itu mirip dengan bunga aglonema, karena berasal dari satu jenis tanaman yang sama. Yang menjadi pembeda adalah ukurannya lebih kecil dan mungil dan daunnya memiliki ciri berbentuk hati dengan warna warni yang lebih beragam.

Bunga syngonium jenis pink spot dan variegata yellow paling digemari saat ini. Proses pertumbuhannya yang tergolong lambat membuat bunga syngonium harganya relatif mahal.

Untuk harganya disesuaikan dengan jumlah daun, yakni antara 240 ribu hingga 300 ribu rupiah per helai daun. Sedangkan untuk beberapa jenis yang berukuran lebih besar bisa mencapai 500 ribu rupiah.

Proses budidaya syngonium sangatlah mudah dengan sistem stek batang. Jangan lupa beri pupuk dan siram secara rutin agar tumbuh subur. Jangan lupa jauhkan tanaman dari sinar matahari langsung.

 

#BungaSyngonium #TanamanHias #Budidaya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x