Kompas TV nasional peristiwa

Kunjungan Kerja, Jokowi Minta Pemda Sulawesi Tenggara Dukung Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 12:15 WIB
kunjungan-kerja-jokowi-minta-pemda-sulawesi-tenggara-dukung-vaksinasi-covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja  ke Sulawesi Tenggara, Rabu (30/6/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 massal di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Kendari. 

Setelah meninjau, Kepala Negara berdialog dengan sejumlah penyelenggara vaksinasi massal dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara secara virtual. 

Jokowi mengungkapkan pemerintah telah meningkatkan target vaksinasi Covid-19 di bulan Agustus 2021 menjadi dua juta suntikan per hari. 

"Kita harus mengejar target (vaksinasi Covid-19) untuk Juli 2021 ini 1 juta (suntikan) per hari, dan Agustus 2 juta (suntikan) per hari," kata Jokowi seperti yang disiarkan kana YouTube Sekretariat Presiden, Rabu Siang.

Dalam dialog tersebut, Jokowi kemudian meminta seluruh kabupaten/kota di Sultra dapat mendukung capaian target tersebut demi kekebalan kelompok atau herd immunity bisa cepat terwujud.

Baca Juga: Jokowi Ingin Vaksinasi di Agustus 2021 Dilakukan untuk 2 Juta Orang per Hari

"Jadi semua Kabupaten harus memberikan dukungan dengan jumlah yang sebanyak-banyaknya, sehingga target itu bisa kita lampaui, karena kita harus mengejar angka-anka yang sudah kita kalkulasi," tegas Jokowi. 

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakansetelah meninjau pelaksanaan vaksinasi, Jokowi diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Sulawesi Tenggara di Kantor Gubernur Sultra.

“Di sini, Presiden memberikan pengarahan kepada gubernur, bupati, dan wali kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara dalam penanganan Covid-19,” ujar dia. 

Dalam pertemuan itu, Jokowi akan mengingatkan kepala daerah untuk mengoptimalkan posko-posko PPKM Mikro yang ada di wilayah desa dan kelurahan dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

“Bapak Presiden mengingatkan bahwa fungsi posko adalah untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” jelasnya. 

Sebelum kembali ke Jakarta, menurut penuturan Heru, Kepala Negara akan menghadiri Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Tahun 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Vaksinasi Anak 12-17 Tahun Segera Dimulai



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x