Kompas TV internasional kompas dunia

Israel akan Musnahkan 800.000 Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer

Selasa, 29 Juni 2021 | 22:03 WIB
israel-akan-musnahkan-800-000-dosis-vaksin-covid-19-buatan-pfizer
Seorang pria Palestina menerima vaksin AstraZeneca untuk melawan COVID-19 selama kampanye vaksinasi di Tubas, di Tepi Barat yang diduduki Israel, (25/3/2021) (Sumber: Raneen Sawafta/Antara via Reuters)

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Israel akan memusnahkan sebanyak 800.000 dosis vaksin Covid-19 yang hampir kedaluwarsa jika tidak ada negara yang mau membelinya. Demikian laporan Perusahaan Penyiar Publik Israel (KAN), Senin (28/6) seperti dilansir Anadolu yang diberitakan Antara, Selasa (29/06/2021).

Meski KAN tidak menyebutkan perusahaan mana yang memproduksi vaksin tersebut, namun Tel Aviv sebelumnya telah membeli vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.

Pada 18 Juni Israel bersedia untuk mengirim sedikitnya 1 juta dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech kepada Otoritas Palestina berdasarkan kesepakatan, di mana otoritas akan memberikan jumlah dosis yang setara kepada Israel dari pembelian vaksin Pfizer. Rencananya vaksin tersebut akan diterima pada September atau Oktober.

Namun, Otoritas Palestina membatalkan kesepakatan itu karena dosis vaksin dari Israel tampaknya sudah kedaluwarsa dan tidak memenuhi kriteria teknis Kementerian Kesehatan.

Sejak Desember 2019 pandemi virus corona telah menelan lebih dari 3,92 juta jiwa di 192 negara dan kawasan, dengan 181,3 juta lebih kasus dilaporkan di seluruh dunia, menurut Universitas Johns Hopkins yang berbasis di AS.

Baca Juga: Dua Pekan, Kasus Aktif Covid-19 di Israel Naik Lebih Dari Tiga Kali Lipat

Sebelumnya diberitakan Palestina membatalkan dan mengirim balik 90.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Pfizer.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:04
PILKADA YALIMO 2020 DIIKUTI 2 PASLON KEPALA DAERAH YAKNI ERDI DABI-JHON WILIL DAN LAKIUS PEYON-NAHUM MABEL   MASSA BAKAR SEJUMLAH KANTOR PEMERINTAHAN DI YALIMO PASCA-PUTUSAN MK MENDISKUALIFIKASI SATU PASLON KEPALA DAERAH   DISKUALIFIKASI SATU PASLON KEPALA DAERAH, MK PERINTAHKAN KPU GELAR PSU PILKADA YALIMO, PAPUA   PEMKAB BOGOR BERLAKUKAN WFH HINGGA 5 JULI 2021 SETELAH 91 ASN POSITIF COVID-19   PEMERINTAH SERAP RP 12,5 TRILIUN DARI LELANG SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA (SBSN) ATAU SUKUK NEGARA   KEMNAKER: LAYANAN PENGESAHAN PERUSAHAAN & PENDAFTARAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA SECARA DARING TETAP DIBUKA   TIM F1QR LANAL TBK GAGALKAN PENYELUNDUPAN RATUSAN BENUR SENILAI RP 12 M DI PERAIRAN PULAU RUKAN, KEPRI   STAFSUS EDHY PRABOWO, ANDREAU PRIBADI DAN SAFRI, DITUNTUT 4 TAHUN 6 BULAN PENJARA ATAS KASUS DUGAAN SUAP EKSPOR BENUR   MANTAN MENTERI KP EDHY PRABOWO DITUNTUT 5 TAHUN PENJARA DALAM KASUS DUGAAN SUAP EKSPOR BENUR   IDI TIDAK MEREKOMENDASIKAN PENGGUNAAN IVERMECTIN UNTUK OBAT TERAPI COVID-19 SEBELUM ADA HASIL UJI KLINIS   "QUICK RESPONSE" JASA RAHARJA MENJAMIN PENUMPANG KMP YUNICE YANG TENGGELAM DI GILIMANUK   KEPALA SAR BALI GEDE DARMADA: DATA SEMENTARA, 46 ORANG SELAMAT DALAM PERISTIWA TENGGELAMNYA KMP YUNICE   TNI ANGKATAN LAUT KERAHKAN KRI SOPUTAN DAN SEJUMLAH ANGGOTANYA UNTUK MEMBANTU EVAKUASI KMP YUNICE DI GILIMANUK   KMP YUNICE TENGGELAM SAAT AKAN BERSANDAR DI PELABUHAN GILIMANUK, BALI