Kompas TV nasional peristiwa

Indonesia dan Amerika Serikat Bangun Pusat Pelatihan Maritim Bakamla di Batam

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 18:26 WIB
Penulis : Theo Reza

BATAM, KOMPAS.TV – Indonesia dan Amerika Serikat melakukan Peletakan Batu Pertama Pusat Pelatihan Maritim Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) di Pangkalan Armada Batam, Jl. Jembatan 2 Balerang, Jumat (25/6/2021).

Hadir secara virtual Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y Kim menjelaskan inisiatif ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan AS dalam bermitra dengan Indonesia dalam memerangi kejahatan transnasional.

"Sebagai sahabat dan mitra Indonesia, Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk mendukung peran utama Indonesia dalam memajukan perdamaian dan keamanan regional dengan melawan kejahatan domestik dan transnasional," kata Dubes Kim.

Pusat pelatihan senilai $3,5 juta dolar ini merupakan upaya kolaborasi antara Bakamla RI, US Coast Guard, Kantor Urusan Narkotika dan Penegakan Hukum Internasional (INL) Kedutaan Besar AS, Satuan Tugas Antar Badan Gabungan Barat (Joint Interagency Task Force West), Komando Indo-Pasifik AS, dan Komando Fasilitas Teknik Angkatan Laut AS.

Pusat pelatihan ini akan dimiliki dan dioperasikan oleh Bakamla RI.

“Pusat pelatihan yang dibangun ini akan mencakup ruang kelas, ruang kantor, barak, dapur makan, dan landasan peluncuran kapal. Tempat ini akan menampung hingga 50 siswa dan 12 instruktur," ucap Deputi bidang kebijakan dan strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Tatit yang hadir mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia.

Video Editor: Faqih Fisabillilah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x