Kompas TV internasional kompas dunia

Seperlima Perusahaan Unicorn Dunia Ada di China

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 18:28 WIB
seperlima-perusahaan-unicorn-dunia-ada-di-china
Zhang Yiming, CEO ByteDance, salah satu perusahaan unicorn terkemuka China (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV - Perusahaan unicorn asal China berkembang pesat lima tahun terakhir, menyumbang seperlima dari jumlah perusahaan unicorn dunia per bulan Mei tahun ini.

Hal ini berdasarkan laporan yang dirilis oleh raksasa konsultan dan manajemen global Accenture, yang diberitakan Xinhua, Senin (28/06/2021).

Jumlah unicorn di China mencapai 137 perusahaan pada bulan Mei 2021, bertambah 94 perusahaan dibandingkan lima tahun lalu, menurut data dari laporan tersebut.

Perusahaan-perusahaan unicorn di China, dengan karakteristik pasar China yang menonjol dalam inovasi teknologi dan model bisnis, menunjukkan peningkatan kemampuan inovasi China secara keseluruhan, catat laporan itu.

Baca Juga: Bertemu Kanselir Jerman, Jokowi Pamer Indonesia punya 1 Decacorn dan 5 Unicorn

Pandiri Alibaba dan Ant Group, Jack Ma. Ant Group adalah salah satu unicorn paling gaek di China. (Sumber: businessweek)

Unicorn terkemuka di China mulai mengincar pasar global di awal bisnis mereka, menurut laporan tersebut, dan semakin banyak perusahaan unicorn berharap dapat mencapai skala pasar yang lebih besar dan poin pertumbuhan laba baru melalui ekspansi pasar luar negeri.

Menurut survei Accenture terhadap 87 perusahaan unicorn China, 45 persen perusahaan menganggap ekspansi bisnis global mereka sebagai hal yang sangat penting, dan 82 persen berencana meluncurkan bisnis mereka di luar negeri dalam waktu 24 bulan.

Baca Juga: Bertemu Kanselir Jerman, Jokowi Pamer Indonesia punya 1 Decacorn dan 5 Unicorn

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x