Kompas TV klik360 cerita indonesia

Bertemu Kanselir Jerman, Jokowi Pamer Indonesia punya 1 Decacorn dan 5 Unicorn

Rabu, 14 April 2021 | 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo hadiri pembukaan Hannover Messe 2021 dengan tema Transformasi Teknologi yang berlangsung secara virtual, Senin (12/4)

Indonesia resmi menjadi negera mitra Hannover Messe untuk kedua kali setelah 26 tahun.

Di depan Kanselir Jerman Angela Merkel, Jokowi menyebut pada 2045 akan menjadi abad emas Indonesia melalui revolusi industri 4.0.

Jokowi juga sampaikan ekonomi digital dan revolusi industri 4.0 Indonesia merupakan  yang tercepat di Asia Tenggara dan memiliki 2.193 startup atau kelima terbesar di dunia.

"Indonesia memiliki 5 unicorn dan bahkan Indonesia telah memiliki satu decacorn. Ke depan industri ini akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar 133 miliar dolar AS di 2025," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak Jerman untuk bermitra dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

Presiden Jokowi menyampaikan investasi memegang peran penting dalam pemulihan ekonomi.

“Indonesia baru saja mengeluarkan Undang-undang Cipta Kerja yang akan dapat mendukung kerjasama di bidang investasi”, jelas Presiden.

Presiden juga menawarkan kerja sama pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah vokasi dan peningkatan investasi industri Jerman untuk membangun basis produksi dan rantai pasok global Jerman di kawasan.

“Saya menawarkan kepada Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang,” ucap Presiden.

Video Editor: Febi

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:03
SEBANYAK 40 ORANG TERLUKA DAN 6 LAINNYA HILANG AKIBAT DITERJANG ANGIN TOPAN DI WUHAN, TIONGKOK   KEMENHUB SIAPKAN POS TES USAP ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN GILIMANUK ANTISIPASI ARUS BALIK   ANTISIPASI ARUS BALIK, SATGAS COVID-19 SIAPKAN 200.000 ALAT TES CEPAT KORONA ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI   BUPATI KEDIRI HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA TANGKAP BASAH CAMAT PURWOASRI YANG MINTA THR KE TIAP DESA   GERBANG TOL CILEGON BARAT DAN CILEGON TIMUR DITUTUP SEMENTARA UNTUK PERLAMBAT ARUS KENDARAAN MENUJU ANYER   ARUS LALU LINTAS DI TOL TANGERANG-MERAK DIALIHKAN IMBAS KEMACETAN MENUJU PANTAI ANYER   KADIN AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI GOTONG ROYONG SETELAH IDUL FITRI   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN SELAMA MASA OPERASI KETUPAT KRAKATAU 2021 DI LAMPUNG   ANGGOTA DPRD KABUPATEN ENDE, NTT, RIBERU KANISIUS, MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR KALIMANTAN BARAT: SAAT INI TERDAPAT LEBIH DARI 1.000 KASUS COVID-19 AKTIF DI KALBAR   GUBERNUR KALBAR MENDUGA BEREDARNYA SURAT PALSU BEBAS COVID-19 JADI SEBAB MENINGKAT KASUS DI WILAYAHNYA   GUBERNUR JAWA TIMUR: INFORMASI SOAL JATIM ALAMI LEDAKAN KASUS COVID-19 ADALAH HOAKS   POLISI TANGKAP PERUSAK PAGAR TPU UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR   POLRES CIANJUR, JABAR, TUTUP JALUR MENUJU PUNCAK-CIPANAS MULAI DARI BUNDARAN TUGU LAMPU GENTUR "BY-PASS"-CIANJUR