Kompas TV video cerita indonesia

Bertemu Kanselir Jerman, Jokowi Pamer Indonesia punya 1 Decacorn dan 5 Unicorn

Kompas.tv - 14 April 2021, 12:23 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo hadiri pembukaan Hannover Messe 2021 dengan tema Transformasi Teknologi yang berlangsung secara virtual, Senin (12/4)

Indonesia resmi menjadi negera mitra Hannover Messe untuk kedua kali setelah 26 tahun.

Di depan Kanselir Jerman Angela Merkel, Jokowi menyebut pada 2045 akan menjadi abad emas Indonesia melalui revolusi industri 4.0.

Jokowi juga sampaikan ekonomi digital dan revolusi industri 4.0 Indonesia merupakan  yang tercepat di Asia Tenggara dan memiliki 2.193 startup atau kelima terbesar di dunia.

"Indonesia memiliki 5 unicorn dan bahkan Indonesia telah memiliki satu decacorn. Ke depan industri ini akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar 133 miliar dolar AS di 2025," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak Jerman untuk bermitra dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

Presiden Jokowi menyampaikan investasi memegang peran penting dalam pemulihan ekonomi.

“Indonesia baru saja mengeluarkan Undang-undang Cipta Kerja yang akan dapat mendukung kerjasama di bidang investasi”, jelas Presiden.

Presiden juga menawarkan kerja sama pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah vokasi dan peningkatan investasi industri Jerman untuk membangun basis produksi dan rantai pasok global Jerman di kawasan.

“Saya menawarkan kepada Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang,” ucap Presiden.

Video Editor: Febi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.