Kompas TV nasional update corona

Ada Laporan Kelangkaan Tabung Oksigen, Polri Memeriksa ke Lokasi

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 11:23 WIB
ada-laporan-kelangkaan-tabung-oksigen-polri-memeriksa-ke-lokasi
Petugas mendorong tabung oksigen saat menyiapkan ruangan perawatan pada Tower 8 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memastikan kembali informasi ketersediaan tabung oksigen untuk pasien Covid-19 di sejumlah daerah.

Sebelumnya tersebar informasi akan kelangkaan tabung oksigen pasien Covid-19 di sejumlah daerah. Guna mengantisipasi kecurangan oleh oknum seperti terjadinya penimbunan, pihak Polri mengecek kembali ketersediaan tersebut.

Disadur dari ANTARA, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono, mengatakan, akan menindaklanjuti informasi kelangkaan tabung oksigen tersebut dengan melakukan pengecekan di lapangan.

"Nanti kami lihat apakah karena banyak yang pakai dibandingkan dengan stok," kata Argo, Senin (28/6/2021).

Kelangkaan oksigen mulai terjadi sejak beberapa hari terakhir di wilayah DKI Jakarta sejak terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Kelangkaan tabung oksigen juga terjadi di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, salah satu sentra farmasi di Jakarta. 

Baca Juga: RSJD Amino Gondohutomo Khawatirkan Pasokan Oksigen

Disebut-sebut salah satu kendala yang menyebabkan kelangkaan yakni permasalahan distribusi.

Argo menyebut Polri akan mengecek segala kemungkinan penyebab kelangkaan tabung oksigen apakah untuk pasien COVID-19 atau karena penyebab lainnya.

"Semua kemungkinan harus dilihat," ujar Argo.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan ketersediaan tabung gas oksigen medis di Indonesia tercukupi untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi.

"Intinya tidak ada kelangkaan tabung oksigen, karena tabung oksigen cukup dan tersedia mengantisipasi lonjakan permintaan akibat meningkatnya kasus COVID-19 di dalam negeri," kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri lewat keterangannya diterima di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Baca Juga: Kebutuhan Oksigen di RS Terus Meningkat

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan para produsen oksigen untuk mengalihkan oksigen segmen industri guna memenuhi kebutuhan tabung oksigen bagi pasien Covid-19.

“Kami sudah mendapatkan komitmen dari supplier (pemasok) oksigen ini, bahwa mereka bisa mengalihkan kapasitas oksigen buat industri ke medis, karena kapasitas oksigen industri itu bisa diisi oleh perusahaan-perusahaan oksigen lainnya,” kata Budi dalam konferensi pers daring yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Saat ini terdapat 4 pabrik tabung oksigen berada di Jawa Barat, satu pabrik di Jawa Tengah, dan empat pabrik di Jawa Timur. Jika di Jawa Tengah terdapat kelangkaan tabung oksigen, maka pasokan dari Jawa Barat dan Jawa Timur akan mengkompensasi pemenuhan kebutuhan tersebut.

 

Baca Juga: Pasokan Oksigen Kurang dan Sering Terlambat

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x