Kompas TV nasional kesehatan

Biar Tetap Fit, Coba Konsumsi Makanan Ini Usai Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 16:41 WIB
biar-tetap-fit-coba-konsumsi-makanan-ini-usai-vaksin-covid-19
Sayuran dan buah-buahan sehat penuh nutrisi dan membantu menurutkan berat badan. (Sumber: Kompas/Tribunnews)
Penulis : Dian Septina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu efek samping yang sering dialami setelah mendapatkan vaksin Covid-19 adalah demam dan nyeri badan.

Mengutip Health, ketika tubuh mendapat vaksin, ada beberapa makanan yang harus dihindari dan harus dikonsumsi guna memaksimalkan fungsi vaksin.

Kabar baiknya, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk meringankan efek samping tersebut.

Efek samping vaksin Covid-19

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), vaksin bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Efek samping ini terjadi karena adanya peradangan di dalam tubuh. Tubuh bereaksi terhadap lonjakan protein dan bekerja untuk melawan infeksi. 

Demam, nyeri lengan, nyeri tubuh adalah beberapa gejala umum saat sistem kekebalan sedang bereaksi melawan penyebab infeksi.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga: Kabar Baik, Penerima Vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna Punya Risiko Kecil Peradangan Jantung

Makanan yang baik dikonsumsi setelah mendapatkan vaksin

CDC juga merekomendasikan kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi setelah mendapatkan vaksin. Sebab, asupan cairan sangat penting untuk meringankan efek samping setelah vaksin.

Jika merasa tidak enak badan setelah mendapatkan vaksin Covid-19, sup kaldu seperti mie ayam atau sup kaldu tulang sangat bagus untuk Anda.

Selain itu, mengonsumsi makanan berkuah yang mengandug sayuran seperti kangkung, kacang-kacangan, lentil, kentang, dan brokoli.

Konsumsi juga makanan utuh, seperti sayuran serta buah segar, mampu mendukung dalam memaksimalkan tubuh akan fungsi vaksin yang telah disuntikkan.

Baca Juga: Soal Efek Vaksinasi Tahap Kedua, Ahli Virologi: Peluang Terpapar Covid-19 akan Jauh Lebih Rendah

Ini dikarenakan, jenis makanan tersebut dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya nutrisi. Setidaknya, masukkan makanan sehat seperti ini setiap makan siang dan makan malam.

Hindari makanan tinggi lemak, gorengan, dan manis-manisan. Sebab, jenis makanan tersebut hanya akan membuat tubuh merasa lebih mual dan pusing. 

Terakhir, minumlah air putih yang banyak. Pastikan tubuh selalu terhidrasi, langkah ini sangat baik untuk melancarkan proses vaksinasi dalam tubuh. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x